SOLOPOS.COM - Melakukan peregangan tubuh menjadi salah satu cara untuk tampil segar meski kurang tidur. (ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, SOLO – Banyak orang mengalami kurang tidur dengan berbagai faktor seperti, insomnia ataupun lembur kerja. Kurang tidur bisa menyebabkan banyak hal dan mengantuk saat siang hari. Untuk mengatasinya banyak orang sering melakukan langkah instan seperti, mengonsumsi kafein. Namun, itu tidak baik dan malah akan membuat tubuh menjadi lemah.

Sebenarnya, ada cara sederhana yang dinilai mampu membuat tetap segar meski kekurangan tidur, tentunya dengan cara yang sehat. Seperti dikutip dari Liputan6.com, belum lama ini berikut lima cara yang ampuh buat kalian segar kembali meski kekurangan tidur.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Naik Ke Level Rp14.165, Rupiah Jadi Juara Di Asia Terdorong Kemenangan Biden

Buka jendela

Salah satu cara agar tetap segar meski jam tidur kurang adalah dengan membuka jendela sehingga sinar matahari bisa masuk ke dalam kamar. Cobalah untuk berdiri sejenak di jendela yang terbuka dan dapatkan paparan sinar matahari pagi yang akan membantu kalian menghilangkan perasaan buruk dan merangsang seluruh indra di tubuh.

Jauhkan diri dari secangkir kopi

Meskipun, kopi dapat membuat mata kalian lebih terbuka saat ngantuk, tetapi hal semacam ini tak sepenuhnya baik. Untuk membuat tubuh dapat segar secara alami meski jam tidur kurang, air putih adalah solusi yang tepat. Konsumsi air putih pada saat bangun tidur dan pada siang harinya bisa kalian lanjutkan dengan meminum jus buah segar.

Regangkan tubuh

Langkah lain yang bisa diambil yaitu aktivitas kecil seperti jogging jarak pendek serta melakukan peregangan tubuh. Untuk peregangan sendiri bisa kalian lakukan di dalam kamar. Selain membuat mata terbuka dan terhindar dari rasa ngantuk, olahraga kecil juga bisa membuat tubuh lebih sehat.

Optimistis Di Era Pandemi, Perbankan Manfaatkan Layanan Digital

Mandi dengan air hangat

Penelitian mengatakan bahwa mandi dengan air panas dapat menyebabkan kantuk. Tetapi kombinasi mandi air panas-dingin-panas mampu merangsang indra dan membantu kalian mempersiapkan diri untuk menjalankan aktivitas.

Caranya, pertama kalian mandi dengan air dingin terlebih dahulu. Setelah itu atur keran air menjadi air panas jika kalian memiliki air hangatyang lansung keluar dari keran. Jika kalian tidak punya, sediakan ember berisi hangat. Kombinasi panas-dingin-panas diyakini mampu mengusir semua kemalasan.

Mendengarkan musik

Mendengarkan musik dapat merangsang tubuh menjadi lebih segar dan semangat untuk menjalani hari. Namun, hal yang perlu diingat adalah musik yang didengarkan adalah lagu yang membawa semangat, bukan lagu slow agar tidak terbawa suasana lalu ngantuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya