Gampang! Ada 2 Cara Dapatkan Token Listrik Gratis
Ilustrasi listrik prabayar. (pln.co.id)

Solopos.com, SOLO — Cara dapatkan token listrik prabayar gratis cukup lah mudah. Bagi para pelanggan listrik 450 VA dan 900 VA bersubsidi ada dua cara untuk memperoleh token listrik gratis maupun diskon, yakni melalui laman resmi PLN dan menghubungi contact center melalui Whatsapp.

Sebelum mendapatkan token listrik gratis, pelanggan PLN harus menyiapkan nomor ID pelanggan PLN. Khusus untuk pelanggan 900 VA bersubsidi, token yang diberikan diskon 50% dengan perhitungan pemakaian bulanan tertinggi dalam tiga bulan terakhir.

Maklumat Ganjar Pranowo Soal Corona: Jangan Takut Kelaparan!

Adapun cara dapatkan token listrik gratis melalui situs resmi PLN adalah sebagai berikut, bersumber dari unggahan pengelola akun Instagram resmi PLN, Kamis (2/4/2020).

1. Buka Alamat www.pln.co.id, kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus Covid-19.
2. Masukkan ID pelanggan/ nomor meter. Kemudian token gratis akan ditampilkan di layar.
3. Pelanggan tinggal memasukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan.

Kata MUI Soal Hukum Tak Salat Jumat Tiga Kali Beruntun

Cara kedua untuk dapatkan token listrik gratis, yakni dengan mengirim pesan tertulis ke aplikasi WhatsApp di nomor 08122-123-123. Berikut langkah-langahnya.

1. Buka Aplikasi Whatsapp.
2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID pelanggan.
3. Token gratis akan muncul.
4. Pelanggan tinggal memasukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan.

Mengenang Pertemuan Pasoepati-Bonek 20 Tahun Silam, Khawatir Lempar Batu Justru Lempar Tahu

Paling Lambat 11 April 2020

Saat ini ada sekitar 24 juta pelanggan 450 VA yang digratiskan,  ditambah 7 juta pelanggan 900 VA bersubsidi yang harus dimasukkan ke dalam sistem. Alhasil, diperlukan proses yang tak sebentar. PLN mengatakan prosesnya akan tuntas dalam sepekan ke depan, atau paling lambat tanggal 11 April 2020. Pada tanggal tersebut, seluruh pelanggan yang digratiskan sudah dapat terlayani seluruhnya.

Dinkes Kota Semarang Dituding Tak Profesional Gara-Gara Ini…

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk menggratiskan pelanggan PLN 450 VA dan memberi diskon pelanggan 900 VA bersubsidi selama tiga bulan, mulai April, Mei, dan Juni 2020. Keputussan tersebut diambil seiring mewabahnya virus corona atau Covid-19 di Indonesia.

Tujuan dari keputusan tersebut adalah untuk memberikan kelonggaran masyarakat secara ekonomi akibat pandemi corona.

Pemkab Klaten Beri Sembako Rp150.000 Untuk ODP dan Warga Terdampak Covid-19

“Tarif listrik, perlu saya sampaikan untuk pelanggan listrik 450 VA yang jumlahnya 24 juta pelanggan akan digratiskan selama 3 bulan ke depan. Mulai April, Mei, Juni 2020. Sedangkan 900 VA yang jumlahnya tujuh juta pelanggan akan di diskon 50%. Artinya bayar separuh saja untuk bulan April, Mei, dan Juni,” terang Jokowi saat konferensi pers seperti ditayangkan TV One, Selasa (31/3/2020).


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho