SOLOPOS.COM - Pokemon Go (Techtimes-Youtube)

Game terbaru Pokemon Go akan dirilis di Indonesia.

Solopos.com, SOLO — Meski sudah dirilis di lebih dari 30 negara di dunia, game terbaru Pokemon Go belum resmi melenggang di Indonesia. Namun sebuah informasi menguak kalau Indonesia bisa masuk di kloter ketiga rilis Pokemon Go.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Seperti dikutip dari Detik, Jumat (22/7/2016), informasi ini diposting oleh salah satu pengguna Reddit. Ia memberikan link ke website MMO Server Status yang isinya menunjukkan sudah di negara mana server game terbaru Pokemon Go menjalankan operasinya. Termasuk daftar negara-negara yang akan segera disambanginya.

Kalau melihat dari gambarnya, negara-negara yang bisa memainkan game terbaru Pokemon Go bisa sesuai dengan negara-negara yang sudah kebagian permainan besutan Nintendo tersebut. Statusnya juga di situ tertulis sudah released.

Namun yang menarik adalah negara-negara yang masuk kategori others. Salah satu negara di dalamnya tercatat ada Indonesia, informasi ini lantas memunculkan spekulasi kalau Indonesia akan masuk dalam kloter ketiga negara-negara yang kebagian game terbaru Pokemon Go.

Bersama Indonesia, ada 12 negara lainnya yang masuk dalam daftar antrean yakni Argentina, Brasil, Chile, Hong Kong, India, Filipina, Rusia, Singapura, Taiwan, Thailand dan Turki. Jepang yang ditunda peluncurannya juga masuk dalam daftar tersebut dengan status postponed.

Sayang sejauh ini belum ketahuan kapan game terbaru Pokemon Go akan benar-benar dirilis. Namun dengan sudah disiapkannya server Pokemon untuk negara-negara tersebut, seharusnya waktu rilisnya tak akan terlalu lama lagi.

Sementara itu, gamer Pokemon Go di Indonesia saat ini mencapai jutaan pengguna. Menurut Pakar Keamanan Siber Pratama Persadha, dari perkiraan 45 jutaan gamer Pokemon Go di dunia, Indonesia memiliki 2 hingga 3 juta gamer Pokemon Go.

Seperti diketahui, saat ini game terbaru menangkap monster itu telah rilis di 30 negara di dunia. Sedangkan Indonesia masih menunggu hingga permainan itu akan diluncurkan resmi untuk para gamer Tanah Air via Google Play Store.

Meskipun belum dirilis resmi, versi installer Android Application Package (APK) dari game terbaru Pokemon Go telah beredar dan dipasang oleh gamer di Indonesia.

Bagaimana nasib gamer yang telah terlanjur bermain versi APK dan memiliki level yang tinggi apabila versi resmi dari Niantic diluncurkan di Indonesia. Mungkin gamer bertanya, apakah progres permainan dapat berlanjut dengan meng-uninstall versi APK dan bermain kembali di versi resmi?

Pratama Persadha mengatakan, oleh karena game terbaru itu mengandalkan penyimpanan dengan teknologi cloud, sangat mungkin bila progres permainan akan dapat dilanjutkan.  “Menggunakan cloud, ketika gamer uninstall (versi APK), download lagi bisa melanjutkan permainan di versi Pokemon Go resmi,” kata Pratama seperti dikutip dari Okezone, Jumat.

Pratama mengungkapkan, server game terbaru Pokemon Go yang dipakai banyak gamer di Indonesia berada di California, Amerika Serikat. Menurut data riset di Cissrec, tidak ditemukan indikasi adanya pengambilan foto atau transfer file besar yang dikirim ke server. Menurutnya, tidak perlu khawatir secara berlebihan dengan menilai game Pokemon Go adalah alat intelijen dan sebagainya.

Kloter Peluncuran Pokemon Go (Detik)

Kloter Peluncuran Pokemon Go (Detik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya