SOLOPOS.COM - Pokemon GO (Theverge)

Game terbaru Pokemon Go tak akan diblokir Kemenkominfo.

Solopos.com, JAKARTA — Demam game terbaru Pokemon Go kini sedang menjangkiti seluruh masyarakat Indonesia. Melihat fenomena itu, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara angkat bicara.

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

Ditemui seusai acara halal bihalal Indosat Ooredoo di Jakarta, Jumat (15/7/2016), Rudiantara mengungkapkan jajarannya sudah mengamati kepopuleran game terbaru Pokemon Go sejak lama.

Walaupun belum dirilis secara resmi di Indonesia, Rudiantara mengatakan pihaknya belum mempunyai rencana untuk memblokir game ini. Menurutnya, pemblokiran akan dilakukan bila terdapat aduan soal Intellectual property rights (IPR).

“Diblokir untuk apa? Semua kan suka game. Kita bisa proses pemblokiran, kalau ada aduan dari pihak terkait soal IPR. Untuk saat ini belum ada,” katanya.

Namun, ia mengimbau agar masyarakat tidak berlebihan dalam memainkan game terbaru Pokemon Go. Ia mengkhawatirkan akibat buruk yang ditimbulkan game ini kepada masyarakat. “Saya minta jangan berlebihan, masyarakat jangan sampai melupakan kegiatan utamanya. Pemerintah akan terus mengawasi game ini,” tutupnya.

Dipantau BIN

Badan Intelijen Negara (BIN) memantau game terbaru Pokemon Go. Game augmented reality (AR) berbasis lokasi itu banyak yang mempertanyakan keamanannya. Bagaimana bila gamer Pokemon masuk ke area militer atau lokasi penting negara?

Belum lagi soal data pengguna untuk masuk ke game tersebut. “Sedang dikaji tim,” kata Kepala BIN Sutiyoso, saat dikonfirmasi, seperti dilansir Detik, Jumat.

Sejauh ini game terbaru Pokemon Go memang menjadi fenomena sosial. Banyak kalangan muda yang memainkannya. Mereka berburu Pokemon mulai dari taman sampai ke rumah ibadah.

Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama atau Ahok sudah membuka pintu bagi orang-orang yang ingin berburu Pokemon di Balai Kota DKI. Soal keberadaan Pokemon juga ada di Istana Negara. Seskab Pramono Anung dan beberapa wartawan yang memiliki aplikasi ini juga menemukan Pokemon di Istana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya