SOLOPOS.COM - Fallout 4 (Forbes)

Game terbaru Fallaout 4 berbasis virtual reality bisa dimainkan di HTC Vive.

Solopos.com, SOLO — Pengembang game Bethesda punya ambisi besar untuk tahun 2017 mendatang. Salah satu game terbaru andalannya, Fallout 4 direncanakan hadir dalam dunia virtual reality (VR).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tapi bukan Oculus Rift yang akan didukung oleh Fallout 4, di keynote acara Electronic Entertainment Expo (E3) 2016 pembesutnya memastikan game terbaru tersebut akan sepenuhnya berjalan di platform HTC Vive. Meski demikian tak tertutup kemungkinan Fallout 4 versi VR juga akan hadir untuk Oculus Rift.

Ekspedisi Mudik 2024

Bila hal ini terwujud, masih sukar dibayangkan bagaimana rasanya menikmati lingkungan terbuka yang sedemikian besar di dunia Fallout 4. Namun terkait hal tersebut, banyak juga yang penasaran soal cara Bethesda mengoptimalkan kontroler unik HTC Vive.

Seperti diketahui, kontroler headset VR garapan produsen Taiwan itu sedikit beda dengan gamepad pada umumnya. HTC memadukan sepasang kontroler berbentuk stik untuk dikombinasikan dengan Vive. Tapi ini bukanlah sesuatu yang sama sekali baru, Nintendo pernah menyodorkan hal serupa di konsol Wii.

Selain Fallout 4, kabarnya Bethesda juga menyiapkan game terbaru lain untuk dibuat versi VR. Kalau masih ingat, Doom adalah game terbaru yang dimaksud. Tapi tak seperti Fallout 4 yang benar-benar menyuguhkan game VR secara penuh, Doom sifatnya sebatas konten atau hanya potongan kecil adegan VR.

Informasinya, gamer akan diajak berjalan-jalan menikmati neraka dalam game terbaru Doom melalui tampilan grafis realistis paling mutakhir garapan Id Tech engin.

Harga jual teknologi terbaru HTC Vive itu cukup tinggi yakni US$800 atau sekitar Rp10,6 juta. Tentu saja itu pencapaian bagus dalam segi penjualan via preorder. Selain HTC Vive, vendor Korsel, Samsung, juga menghadirkan perangkat virtual reality Gear VR dan LG 360 VR. Tapi HTC Vive tak disambungkan dengan smartphone.

Untuk menggunakan HTC Vive yang dibikin bersama Valve, pengguna harus menggunakan personal computer (PC) sama headset Oculus Rift. Komputer yang harus digunakan harus diperkuat prosesor Nvidia GeForce GTX 970 atau AMD Radeon R9 290.

Teknologi terbaru headset VR HTC bernama Vive itu sebenarnya akan diluncurkan akhir tahun ini. Tapi HTC lalu meralatnya dan akan merilisnya bulan April 2016. Bulan itu dianggap pas untuk menghadirkan headset VR yang bisa menghadirkan suasana lebih nyata saat menonton video.

HTC awalnya hanya ingin merilis sebanyak 7.000 unit teknologi terbaru headset VR Vive yang ditujukan kepada pengguna.Tapi melihat penjualan secara preorder cukup pesat, maka vendor Taiwan itu ingin memproduksi Vive sebanyak-banyaknya.

Perilisan resmi teknologi terbaru HTC Vive pada bulan April 2016 menjadi sejarah baru bagi HTC dalam terjun ke dunia virtual reality. Dalam penjualan HTC Vive akan dipadukan dengan Head Mounted Display (HMD) dan berbagai teknologi mumpuni dan alat kontrol yang mempermudah pengguna saat mengoperasikan headset tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya