SOLOPOS.COM - Game baru bergenre petualangan Shenmue 3 segera memasuki proses produksi. (kickstarter.com)

Game baru berbasis open-world Shenmue segera dibuat sekuelnya. Setelah memulai program kickstarter  beberapa waktu lalu, Shenmue 3 siap memasuki masa produksi.

Solopos.com, SOLO–Kreator game petualangan Shenmue, Yu Suzuki, mengatakan membutuhkan dana sekitar US$10 juta (Rp133,3 miliar) untuk memulai proses produksi Shenmue 3. Kebutuhan dana ini mulai terpenuhi karena selama masa kickstarter  yang dimulai 16 Juni lalu mereka berhasil mengumpulkan dana senilai US$3,7 juta dolar (Rp49,3 miliar).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti dilansir kotaku.net, Sabtu (27/6/2015), nominal pengumpulan tersebut sekaligus berpotensi memecahkan rekor penggalangan dana lewat laman Kickstarter untuk kategori game. Saat ini rekor kickstarter tersukses untuk game dicatat oleh Bloodstained: Ritual of the Night yang berhasil menggalang dana US$5,5 juta (Rp73,3 miliar). Besar kemungkinan nilainya akan bertambah karena Suzuki masih memiliki 20 hari tersisa sebelum masa kickstarter berakhir.

Tentu saja angka fantastis itu baru sebagian dari total kebutuhan biaya produksi. Selama ini Shenmue dikenal membutuhkan banyak biaya untuk proses produksi. Shenmue pertama yang rilis untuk Sega Dreamcast pada 1999 lalu saja membutuhkan total biaya US$47 juta (Rp626 miliar). Soal kekurangan dana yang diperlukan, Sony disebut-sebut siap menjadi investor pembuatan game yang sudah lama dinanti kemunculannya ini. Pernyataan itu dicetuskan co-founder Shibuya Production yang menjadi investor lain Shenmue 3, Cedric Biscay.

Bab Keenam
Terpisah, sang kreator Yu Suzuki sudah menyiapkan 11 bab cerita lengkap Shenmue. Jumlah bab ini berbeda dari informasi yang selama ini beredar. Para fans awalnya memperkirakan Shenmue akan dibagi menjadi 16 bab yang dirilis dalam beberapa seri game. “Total ada 11 bab yang menyusun cerita lengkap. Selama 14 tahun aku mempersiapkan empat atau lima game untuk seri ini. Jika semuanya lancar, aku akan merealisasikan kesebelas bab cerita,” beber Suzuki.

Shenmue yang dirilis pada 2000 lalu untuk  Dreamcast memuat bab pertama dan pembuka. Bab kedua ditampilkan dalam bentuk manga dan Shenmue 2 yang dirilis setahun kemudian. Selain bab 2, Shenmue 2 juga mengungkap bab tiga hingga lima dari saga yang mengisahkan petualangan Ryo Hazuki dalam mengungkap misteri kematian sang ayah. Nah, di Shenmue 3 bab keenam akan dirilis. Namun belum diketahui sampai sejauh mana jalan cerita yang akan dimasukkan dalam game ini. Yang jelas Suzuki optimistis game besutannya bakal kembali meraih sukses besar.

“Kami menetapkan target, bila mencapai US$5 juta di kickstarter, satu hal yang ingin kulakukan pada Shenmue 3 akan terealisasi. Jika mencapai US$10 juta dolar, game ini akan benar-benar memiliki fitur open world,” imbuh dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya