SOLOPOS.COM - ilustrasi (freewallpaper.com)

ilustrasi (freewallpaper.com)

Makanan yang mengandung minyak, lemak, dan santan memang banyak disukai, tapi efeknya sering dilupakan  yakni kolesterol.

Promosi Banjir Kiper Asing Liga 1 Menjepit Potensi Lokal

Kolesterol sebenarnya merupakan salah satu komponen lemak. Seperti diketahui, lemak merupakan salah satu sumber energi yang memberikan kalori paling tinggi. Di samping sebagai salah satu sumber energi, lemak merupakan zat yang sangat dibutuhkan tubuh terutama membentuk dinding sel-sel.

Masalahnya adalah kolesterol yang berlebih akan tertimbun di dalam dinding pembuluh darah sehingga mengakibatkan penyempitan atau pengerasan pembuluh darah. Kondisi ini merupakan cikal bakal terjadinya penyakit jantung dan stroke.

Marketing Al Anshor Health, Nawiruddin menjelaskan, gamat emas dipercaya dapat mengatasi kolesterol. Hewan laut yang tergolong keluarga Holothuroidea ini memiliki ciri fisik tubuh memanjang dengan permukaan kulit kasar. Hewan ini biasa hidup di dasar laut dan ditemukan secara luas di seluruh dunia.

“Gamat emas ampuh menurunkan kadar kolesterol karena mengandung senyawa glikosaminoglikan,” jelasnya saat ditemui Harian Jogja, di Jl. Veteran 6A, Jogja, Rabu (8/2).

Glikosaminoglikan atau disebut juga GAGs ini, di dalamnya terkandung asam heksosamin dan heksuronat. GAGs terbukti mencegah peningkatan trigliserida, kolesterol dan fosfolipid dalam hati. Sterol yang terdapat di dalam teripang juga dipercaya dapat menurunkan kolesterol. Zat itu menghadang penyerapan kolesterol pada pembuluh darah manusia sebanyak 15%.

Menurut Nawiruddin, gamat emas kini juga telah diproduksi dalam kemasan praktis, salah satunya kapsul Nativa. Selain mengonsumsi herbal, ada baiknya penderita juga  menerapkan pola hidup sehat yakni mengonsumsi makanan yang rendah lemak dan kolesterol.

“Menu yang bisa jadi alternatif antara lain susu tanpa lemak dan mengurangi konsumsi daging. Selain itu, ada baiknya  mengurangi konsumsi makanan yang digoreng,” ujarnya.

Penderita diupayakan banyak mengonsumsi makanan berserat seperti gandum, kacang-kacangan, sayur-sayuran dan buah-buahan. Jenis makanan ini dapat menyerap kolesterol yang ada dalam darah dan mengeluarkannya dari tubuh.

“Olahraga secara teratur sesuai dengan umur dan kemampuan juga dianjurkan untuk mencegah terserang  kolesterol,” ungkapnya.(JIBI/HARIAN JOGJA/Kharisma Ayu Febriana)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya