SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Probolinggo–Ribuan uang logam ditemukan Mat,40, saat menggali tanah membuat lubang pembuangan WC di belakang rumah Suparman,35, warga RT 2 RW 1, Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo.

Uang yang ditemukan Mat itu diduga uang logam kuno peninggalan masa lalu. Warga kawasan itu pun gempar. “Dia kaget saat menggali WC lalu menemukan tumpukan benda itu,” ungkap Didik, saudara Suparman di lokasi, Jumat (18/6).

Promosi Apresiasi dan Berdayakan AgenBRILink, BRI Bagikan Hadiah Mobil serta Emas

Didik sendiri mengaku tidak mengira jika di dalam WC yang digalinya itu ada uang logam kuno. Padahal, penggalian WC berukuran 1×2 meter dengan kedalaman kurang lebih 1,5 meter itu sudah digali sejak Kamis (17/6). “Kemarin saat digali tidak ada apa-apa,” katanya.

Pantauan di lapangan, uang logam kuno dengan lubang tengah itu bertuliskan huruf abjad China dan tidak ada tahun pembuatannya. Ada yang menduga uang logam tersebut peninggalan Jepang. “Bisa jadi itu uang logam itu peninggalan Jepang dahulu,” tutur Didik lagi.

Mendengar ada temuan ribuan uang logam kuno, wargapun terus berdatangan. Bahkan, petugas dari jajaran Polresta Problinggo langsung mendatangi lokasi kejadian. “Belum. Kita masih belum mengetahui asal muasal uang logam kuno itu dari penjajahan Jepang atau dari peningalan Kerajaan. Kita masih akan melakukan koordaniasi dengan Dinas terkait yang mengurus soal benda-benda purbakala,” ujar salah seorang petugas Polresta.

dtc/ tiw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya