SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang kini memiliki Galeri Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang memajang produk asli Jawa Tengah. Pengadaan gerai khusus produk UMKM itu merupakan upaya Pemerintah Provinsi Jateng untuk menggenjot pemasaran produk UMKM setempat.

Berbagai produk mulai dari fashion, olahan makanan dan minuman, handycraft, hasil kesenian dan produk unggulan lain akan dijajakan melalui Galeri UMKM Provinsi Jawa Tengah itu. Di Galeri UMKM terdapat 56 UKM dengan 825 produk mulai dari harga Rp11.000 untuk gantungan kunci dan Rp52 juta untuk lukisan dengan nilai seni tinggi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, kehadiran galeri di Bandara Ahmad Yani merupakan kepedulian dan kontribusi Pemprov Jateng bagi pelaku UMKM. “Galeri ini dikhususkan untuk usaha mikro dan kecil bagian dari kontribusi pemprov untuk pelaku UMKM kecil, mereka tidak bayar semua difasilitasi oleh pemerintah,” kata Ganjar Pranowo seusai meresmikan Galeri UMKM di Bandara Ahmad Yani, Selasa (5/3/2019).

Gubernur Ganjar berpesan agar warga Jateng memanfaatkan Galeri UMKM itu dengan sebaik mungkin. Bukan hanya untuk menjual produk UKM, namun juga memberikan informasi di mana pembuatan kerajinan tersebut. “Saya pesan, nanti tidak hanya menjual saja, namun berikan informasi kepada pembeli, ini barang namanya apa, proses produksinya di mana dan lain-lain agar pembeli lebih mengenal potensi unggulan UMKM Jateng,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jateng Ema Rachmawati mengatakan, ada banyak tantangan yang akan dihadapi para pelaku UMKM yang akan menjajakan produk unggulan itu. “Sebab, di Bandara Ahmad Yani Semarang, sudah banyak produk dari para pengusaha besar.”Jadi memang harus bersaing untuk memberikan yang terbaik,” paparnya.

Galeri UKM Jateng di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Semarang, menempati lahan seluas 115 meter persegi. Selain menjajakan produk unggulan, akan dilakukan pula sejumlah kegiatan seperti demo meracik kopi dan sebagainya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya