SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Galeri Didik Nini Thowok segera dibangun.

Harianjogja.com, KULONPROGO– Kawasan pariwisata di Kulonprogo diramaikan dengan keberadaan galeri topeng seniman Jogja, Didik Nini Thowok. Desa Pendoworejo, Bendung Kayangan, Kecamatan Girimulyo, Kulonprogo dipilih sebagai lokasi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

(Baca Juga : WISATA KULONPROGO : Padepokan Didik Nini Thowok Bakal Dibangun di Menoreh)

Sekretaris Dinas Kebudayaan, Kulonprogo, Joko Mursito menyampaikan galeri ini akan berdiri di atas tanah kas desa dan dibangun dari dana pribadi. Joko menyebutkan perjanjian sewa tanah kas desa akan menjadi urusan antara perangkat desa terkait dengan pihak seniman tari topeng tersebut. Diperkirakan galeri tersebut akan siap dipergunakan pada November 2016 mendatang. Pasalnya, Didik Nini Thowok berencana akan menggelar pertunjukkan tari di galeri yang nantinya akan dipenuhi sekitar 400 topeng ini.

Menanggapi sosok seniman yang sudah sangat populer ini, Joko menyebutkan pemkab menganggap ini sebagai suatu kesempatan yang baik untuk mengembangkan bidang pariwisata disekitarnya. Meski nantinya sanggar-sanggar kesenian utama akan berada dikelola oleh Didi namun pemkab akan menarik investor untuk mengembangkan homestay dan vila-vila di sekitarnya.

Karena itu, Joko memamparkan bahwa jenis parriwisata yang akan dikembangkan di kawasan sekitar galeri tersebut merupakan pariwisata berbasis budaya. Hal ini berarti beberapa desa budaya yang ada di sekitarnya juga akan dilibatkan untuk menghadirkan suatu daya tarik tersendiri. Joko menganggap ini bisa menjadi suatu potensi untuk menampung turis-turis mancanegara yang berkunjung di area Borobudur sebelumnya.

Kepala Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (BPMPT) Kabupaten Kulonprogo, Agung Kurniawan menyebutkan bahwa pihaknya telah menawarkan pengembangan daerah tersebut kepada beberapa investor yang datang kepadanya. Sejumlah investor tersebut umumnya ingin tahu mengenai arah pembangunan Kulonprogo nantinya. Meski sebagian besar investor cenderung meminati daerah selata Kulonprogo, Agung menyatakan bahwa pihaknya tetap menawarkan daerah Girimulyo sebagai suatu alternatif.

Hanya saja, sejauh ini menyebutkan belum ada investor yang tertarik untuk menanamkan modalnya di daerah tersebut. Meski demikian, ia optimis bahwa nanti pasti akan ada investor yang tertarik, terlebih lagi setelah wacana pembangunan kota satelit Samigaluh dilontarkan. Hal tersebut menjadi penanda bahwa pemkab tak hanya berfokus pada pembangunan daerah selatan Kulonprogo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya