Kategori: Leisure

Gak Kalah dari Eropa, Ini 7 Salad Lezat Khas Indonesia


Solopos.com/Chelin Indra Sushmita

Solopos.com, SOLO – Salad yang dikenal sebagai makanan Eropa berisi aneka sayur dan buah ternyata mirip dengan kuliner khas Indonesia. Jika salad di Eropa isinya berupa sayuran atau buah-buahan yang dibumbui aneka saus seperti mayonaise, maka lain cerita dengan di Tanah Air.

Sebagai negara dengan kekayaan kuliner yang beragam, Indonesia juga memiliki olahan sayuran yang serupa dengan salad. Bumbu dan bahan yang dipakai juga kaya rempah sehingga membuat olahan ini jadi sangat sehat.

Kecelakaan di Depan SMPN 1 Masaran Sragen, 1 Pemuda Meninggal

Yang membedakan salad Indonesia dengan salad dari Eropa adalah dari segi sausnya. Salad khas Indonesia tidak menggunakan mayonaise seperti halnya salada Eropa, melainkan menggunakan sambal kacang dan saus unik khas bumbu kuliner Nusantara.

Lalu apa saja beragam salad dari Indonesia? Berikut ini aneka macam salad dari Nusantara  yang telah dirangkum Solopos.com dari berbagai sumber pada Sabtu (28/11/2020):

Soal Bhayangkara Solo FC, Pasoepati Serap Aspirasi Arus Bawah

Pecel

Salad pada umumnya berfungsi sebagai makanan penutup. Tetapi berbeda dengan salad khas Indonesia yang umumnya menjadi makanan utama seperti pecel. Sajian sayur dan sambal kacang ini merupakan makanan utama yang biasanya disantap dengan lontong maupun nasi.

Di Indonesia, pecel mempunyai ragam jenis hampir di setiap daerah, terutama di daerah Jawa Timur. Jenis sayur yang digunakan pun bermacam-macam. Pada umumnya, sayuran yang terdapat pada pecel adalah sayuran matang seperti daun singkong atau kangkung, kacang panjang, tauge, kembang turi, dan masih banyak lagi.

Jangan Mager! Yuks Olahraga Biar Sehat

Gado-gado

Hampir sama dengan pecel, gado-gado juga menggunakan bumbu kacang. Hanya saja, isian gado-gado lebih lengkap, yaitu menggunakan lontong, kentang rebus, tahu dan tempe goreng, telur rebus, tomat, mentimun, serta daun selada segar.

Hal lain yang membuat gado-gado makin nikmat disantap yaitu adanya kerupuk dan emping melinjo atau kerupuk merah yang menemani sajian lezat ini.

Alhamdulillah Kasus Covid-19 Klaster Pasar Sidoharjo Wonogiri Selesai

Karedok

Karedok adalah salad tradisional khas dari Jawa Barat yang sangat populer di Indonesia. Berbeda dengan pecel dan gado-gado yang semua sayurnya sudah direbus terlebih dahulu. Sayuran pada karedok semuanya disajikan dalam keadaan mentah, sehingga rasa segar masih sangat terasa di lidah.

Saus karedok terbuat dari kacang goreng yang diulek dan diberi bumbu garam, cabe, gula merah, dan kencur. Biasanya karedok disantap dengan ketupat dan kerupuk udang.

Lotek

Lotek merupakan karedok versi matang karena sayurannya telah direbus terlebih dahulu. Lotek juga merupakan salad khas tradisional khas Jawa Barat yang terkenal di berbagai wilayah di Indonesia. Bedanya dengan karedok, sayuran pada lotek terdapat tambahan daun bayam.

Saus kacang pada lotek juga sama dengan saus kacang pada karedok. Yakni terdapat bumbu kencur yang membuat rasa saus kacangnya lebih khas. Selain disantap dengan ketupat dan kerupuk ikan, lotek juga dilengkapi dengan potongan bakwan dan kentang rebus.

Mancing di Bengawan Madiun, Warga Temukan Mayat Bayi Membusuk

Asinan Bogor

Asinan Bogor terbuat dari kombinasi antara sayur dan buah-buahan segar yang telah melalui proses pengacaran (direndam dengan air cuka). Cita rasa dari asinan bogor ini sangat unik, kombinasi rasa antara asam, manis, dan pedas yang menyegarkan.

Buah yang digunakan dalam membuat asinan Bogor biasanya adalah mangga, kedondong, bengkoang, dan nanas. Sedangkan sayuran yang digunakan biasanya adalah tauge, wortel, mentimun, kol dan masih banyak lagi.

Uji Kir Kendaraan di Solo Bisa Drive Thru, Cuma Butuh 7-10 Menit

Selat Solo

Meskipun memiliki nama yang hampir sama dengan salad, tetapi dua jenis makanan ini jauh berbeda. Bahan-bahan yang digunakan dalam selat solo yaitu sayuran rebus, keripik kentang, dan juga potongan telur dan galantin daging.

Saus yang digunakan sangat berbeda yaitu kuah berwarna cokelat bening yang dibuat dari kuning telur, margarin, air jeruk nipis dan sebagainya sehingga memiliki cita rasa yang menyegarkan.

Rujak cingur

Rujak cingur terdiri dari sayuran matang dan buah-buahan segar lalu disantap dengan saus kacang yang dicampur dengan bumbu petis yang lezat. Isi dari rujak cingur ini lebih bervariasi dibandingkan yang lain, karena campuran dari sayur dan buah.

Sayur yang digunakan biasanya adalah kangkung, tauge, kacang panjang dan timun yang direbus. Sedangkan buah-buahannya terdiri dari bengkoang, nanas, dan kedondong.

Sausnya terbuat dari kacang goreng yang telah diulek sampai halus, lalu ditambahkan garam, gula, asam jawa, terasi, cabe dan petis. (Monica Cahyaningrum/JIBI/Madiunpos.com)

Share
Dipublikasikan oleh
Chelin Indra Sushmita