SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/dokumen)

JOGJA—Kenaikan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) ternyata belum memicu peningkatan kedisiplinan dan kinerja. Masih banyak ditemukan PNS keluyuran di jam kerja.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hal itu terlihat setidaknya dari hasil inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan Komisi A DPRD Kota Jogja, Senin (13/5/2013) di tiga tempat perbelanjaan yaitu Pamela, Progo, dan pasar Beringharjo.

Dari tiga tempat itu memang secara resmi hanya tercatat dua PNS Kota Jogja yang kedapatan sedang berbelanja di jam kerja. Namun yang tidak tercatat banyak PNS yang terlihat di area perbelanjaan terutama pasar Bringhorjo saat sidak dilakukan. Bahkan berdasarkan pantauan Harian Jogja yang ikut sidak, ada beberapa PNS yang dengan cepat berbalik arah dan menghindar ketika melihat rombongan sidak Komisi A.

“Secara resmi kami mencatat ada dua, tetapi tadi ada beberapa juga yang terlihat. Tapi saat kami tanya bukan dari Kota Jogja melainkan Kabupaten lain,” ucap Ketua Komisi A, Chang Wendryanto di sela sidak, Senin (13/5).

Dua PNS yang secara resmi terjaring sidak tersebut merupakan unsur pendidik atau guru. Mereka menggunakan beberapa alasan untuk membenarkan tindakan yang dilakukan seperti mengatakan membeli keperluan kantor dan ada juga yang beralasan karena kebetulan lewat. Seperti salah satu guru SMA favorid di Jogja yang mengaku belanja setelah mengantar siswa lomba.

“Tadi saya mengantar siswa lomba di SMKI mau pulang ke sekolah sekalian mampir sini,” ucap salah satu guru agama ini.

Senada Anggota Forpi Baharuddin menyatakan hasil sidak itu menunjukkan kinerja PNS masih buruk. Masyarakat pun disebutnya tidak perlu menunggu waktu tiga bulan setelah kenaikan gaji untuk melihat peningkatan kinerja PNS. Ternyata kenaikan gaji belum berpengaruh besar pada perubahan kinerja.

“Ini sudah lagu lama dan tidak hanya di Jogja PNS keluyuran dan masyarakat jadi tahu kinerja PNS,” ungkap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya