SOLOPOS.COM - Halte bus Trans Jogja (JIBI/dok)

Harianjogja.com, JOGJA—Kabar gembira bagi para kru bus Trans Jogja yang selama ini mengeluhkan soal pendapatan mereka. Gaji mereka akan dinaikkan sebesar dua kali lipat dari upah minimum kota (UMK) Kota Jogja untuk pramudi dan satu setengah kali upah untuk gaji pramugara/pramugari.

Usulan mengenai kenaikan gaji para kru Trans Jogja itu telah disepakati oleh Panitia Khusus (Pansus) Perjanjian Kerja Sama Pemda DIY dan pengoperasi bus Trans Jogja,  PT Jogja Tugu Trans.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Tinggal diputuskan dalam rapat paripurna, paling lambat Juni sudah ada penyesuaian gaji baru,” kata Ketua Pansus Nur Sasmita, akhir pekan lalu.

Ekspedisi Mudik 2024

Kenaikan ini lebih besar dari usulan pada perubahan perjanjian kerja sama yang hanya sebesar 1,4 kali lipat. Diketahui UMK Kota Jogja sebesar Rp1,173 juta. Gaji mereka masih ditambah uang transport dan makan. Rp40.000 per hari untuk pramudi, sedangkan pramugara Rp20.000 per hari.

Mulanya gaji mereka adalah Rp2 juta (pramudi) dan Rp1,6 juta (pramugara/pramugari).

Dengan penghitungan gaji hasil keputusan Pansus, maka untuk pramudi setidaknya akan mendapat gaji pokok Rp1.759.500 per bulan dan jika masuk 26 hari sebulan, akan ditambah Rp1.040.000 sehingga total gaji pramudi bisa mencapai Rp2.799.500.

Adapun para pramugara/pramugari, akan dengan asumsi masuk 26 hari sebulan, akan menerima gaji, tunjangan transport dan makan total Rp2.279.500.

Politisi PKS itu mengatakan, kenaikan gaji itu dihitung berdasarkan UMK Kota Jogja karena disesuaikan dengan wilayah operasional bus Trans Jogja yang dominan melewati trayek di kawasan Kota Jogja, meskipun kantor PT Jogja Tugu Trans berada di Banguntapan, Bantul.

Kenaikan gaji itu, lanjut dia, akan diikuti dengan biaya operasional kendaraan (BOK) 2014 sebesar Rp163 per kilometer (Km) yang semula dari Rp5.395 per, sehingga menjadi Rp6.200 per Km. “Usulan Gubernur Rp6.037 per Km, tapi Pansus memutuskan Rp6.200 per Km,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya