Gaji di Bawah UMK, Himpaudi Solo Desak Ada Uang Insentif Bagi Guru PAUD

Gaji di Bawah UMK, Himpaudi Solo Desak Ada Uang Insentif Bagi Guru PAUD

SOLOPOS.COM - Kasi PAUD dan Pembinaan Pendidikan Keluarga Dinas Pendidikan Solo, Galuh Murya Widawati (berdiri) saat memberikan pengarahan pada Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Himpaudi Solo di Hotel Sahid Jaya, Rabu (31/1/2018). (Insetyonoto/JIBI/SOLOPOS)

Himpaudi Solo desak adanya uang insentif bagi guru PAUD.

Solopos.com, SOLO—Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Solo mendesak Pemerintah memberikan uang insentif bagi guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Ketua Himpaudi Solo, Mundhofir, mengatakan uang insentif sangat dibutuhkan karena gaji guru PAUD khususnya guru kelompok bermain (KB), taman penitipan anak (TPA), dan satuan PAUD sejenis (SPS) sebagian besar dinilai belum layak.

Menurutnya, dia, gaji guru PAUD di Solo rata-rata antara Rp200.000 sampai Rp1 juta, masih di bawah upah minimum kota (UMK) Solo senilai Rp1.668.700. (baca: PENDIDIKAN SOLO: Himpaudi Solo Adakan Diklat Kompetensi Guru PAUD di UTP)

“Dulu pernah ada uang insensif bagi guru PAUD dari Pemkot Solo, tapi sekarang tidak ada. Kami meminta agar ada lagi uang insentif itu,” katanya kepada Solopos.com di sela-sela Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Himpaudi Solo di Hotel Sahid Jaya, Rabu (31/1/2018).

Pembukaan Rakerda ini dihadiri Ketua Bidang Organisasi Himpaudi Jawa Tengah, Bambang Trisula dan Kepala Dinas Pendidikan Solo, Etty Retnowati.

Menurutnya, tugas dan tanggung jawab guru PAUD sama dengan guru lainnya sehingga perlu mendapatkan perhatian dari Pemerintah.

“Kami juga meminta adanya pengakuan guru KB, TPA, dan pos PAUD karena dalam UU No. 14/2005 tentang Guru dan Dosen mereka dianggap guru nonformal,” ujarnya.

Dia menambahkan pelaksanaan Rakerda Himpaudi di Hotel Sahid Jaya karena mendapatkan bantuan corporate social responsibility (CSR) hotel bersangkutan.

“Himpaudi Solo tidak punya dana untuk mengadakan acara di hotel,” imbuh Mundhofir.

Sementara itu, Ketua Panitia Rakerda Himpaudi Solo, Teti Erawati, menjelaskan kegiatan diikuti sebanyak 50 peserta terdiri atas 15 pengurus kota dan 35 pengurus cabang (kecamatan).

“Agenda Rakerda melaporkan kegiatan selama 2017 dan mempersiapkan program kerja 2018,” paparnya.

Salah satu program kerja 2018, menurut Teti, yakni pengadaan kartu tanda anggota (KTA) karena belum semua anggota memiliki KTA. Rakerda juga diisi pengarahan dari Kasi PAUD dan Pembinaan Pendidikan Keluarga Dinas Pendidikan Solo, Galuh Murya Widawati.

Berita Terkait

Berita Terkini

Benarkah Makan Bawang Merah Berlebihan Bikin Bau Vagina Tak Sedap?

Makan bawang merah bisa memicu bau tak sedap pada vagina.

Partai Golkar Kecam Keras Serangan Israel ke Palestina

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan pihaknya mengecam keras serangan tentara Israel terhadap rakyat Palestina.

Penonton Liga Inggris Bisa Sepenuhnya Datangi Stadion di Musim Ini

Pengelola Premier League Inggris berencana membuka akses bagi para penonton untuk menonton di stadion pada musim 2021- 22 ini.

Duh! Sampah Petasan Kotori Alun-Alun Pengging Boyolali

Alun-Alun Pengging Boyolali dikotori dengan keberadaan sampah. Sebagian besar sampah itu adalah serpihan-serpihan kertas bekas petasan.

Makin Brutal, Pemboman Israel Tewaskan Satu Keluarga Palestina

Pemboman oleh pasukan Israel pada Kamis (13/5/2021) malam menumpas habis seluruh anggota sebuah keluarga Palestina di wilayah utara Jalur Gaza.

Ada Larangan Mudik, Bus dan Truk yang Masuk Solo Turun Drastis

Jumlah bus dan truk yang keluar masuk Kota Solo menurun drastis selama pemberlakuan larangan perjalanan mudik oleh Kementerian Perhubungan.

Satgas Covid-19 Evaluasi Kasus Selama Libur Lebaran

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, mengatakan belum bisa memperkirakan apakah terjadi lonjakan kasus Covid-19 selama libur Lebaran.

Resiliensi Sektor informal

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa, 4 Mei 2021. Esai ini karya Muhammad Taufik Nandito, mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyan Surakarta dan aktif di Lingkar Studi Sasadara di Kleco, Kota Solo.

Lebaran, 8 Balon Udara Dilaporkan Terbang di Langit Indonesia

Sebanyak 8 balon udara dilaporkan berada di langit Indonesia saat momentum Lebaran tahun ini. Sejauh ini, belum ada laporan balon udara melintas di langit Solo.

Ayu Maulida Kenakan Kostum Komodo di Panggung Miss Universe

Ayu Maulida terpilih sebagai Puteri Indonesia 2020 menggantikan Puteri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull.

Pertanyaan TWK KPK: Pacaran Ngapain Aja?

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) untuk pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ramai disorot karena ada pertanyaan yang dianggap aneh.

Wisatawan di Tawangmangu Ramai, Persewaan Kuda Masih Sepi Peminat

Para penjaja jasa tamasya berkuda di Tawangmangu, Karanganyar, belum menangguk untung di saat wisatawan membanjiri salah satu kawasan wisata andalan Soloraya itu.