SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Independent Parliamentary Standards Authority (IPSA) dan Dana Moneter Internasional (IMF) merilis gaji anggota DPR RI. Yang mengejutkan, gaji mereka berada di peringkat keempat terbesar di dunia – bahkan mengalahkan Amerika – setelah Nigeria (gaji anggota parlemen 116 kali lipat pendapatan per kapita penduduknya), Kenya (76 kali lipat), dan Ghana (30 kali lipat).

Mengacu pada data itu, menurut data yang dikutip Antara, seorang anggota DPR dalam setahun bisa memiliki pendapatan US$65 ribu atau sekitar Rp780 juta di luar gaji ke-13, dana reses atau aspirasi daerah pemilihan, insentif setiap kali ikut membahas rancangan undang-undang.

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Jika ditotal dalam satu tahun pendapatan seorang legislator bisa lebih dari Rp1 miliar. Gaji yang sangat fantastis untuk ukuran sebagian besar rakyat Indonesia yang hidupnya masih di bawah garis kemiskinan.

Sayangnya, gaji selangit itu tidak berbanding lurus dengan hasil kerja para anggota dewan dan tidak sedikit diantaranya terlibat dalam kasus-kasus korupsi.

Tetapi, gaji besar ternyata tidak sebanding dengan kinerja anggota DPR. Sebagian besar dari mereka tidak rajin menghadiri sidang untuk membahas materi-materi yang berkaitan dengan kesejahteraan rakyat, mengundangkan RUU menjadi UU. Mereka masih sibuk melakukan “transaksi politik” dan terlibat dalam kadus-kasus korupsi.

Koordinator Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Uchok Sky Khadafi mengatakan kinerja DPR dengan gaji gede semakin dipertanyakan, ketika banyak anggota dewan tertangkap kamera sedang asik bermain video game atau tertidur pulas saat menghadiri rapat paripurna di DPR.

Belum lagi dengan para anggota dewan yang diketahui sering mangkir dan bolos dalam rapat-rapat di DPR. Uchok berpendapat gaji ini tidak sebanding dengan kerja anggota DPR yang dinilainya tidak becus.

“Ya gaji besar tapi kerja tidak becus. Maunya jalan-jalan dengan alasan studi banding. Lebih memalukan lagi, para politisi Senayan juga tidak sedikit terlibat kasus korupsi dan harus mendekam di penjara karena terbukti korupsi atau menerima suap.”

Uchok juga mengkritisi kinerja DPR RI yang sepanjang tahun 2013 hanya menghasilkan 16 undang-undang dari 75 UU yang ditargetkan tahun itu, padahal untuk belanja gaji pegawai di parlemen menghabiskan Rp554,9 miliar.

“Belanja gaji pegawai ini benar-benar kemahalan, tidak sebanding dengan hasil kinerja yang mereka berikan kepada rakyat,” katanya.

Persoalan lain yang membuat produk legislasi DPR menurun, paparnya, adalah karena masalah kehadiran anggota dewan. Berdasarkan catatan Seknas Fitra atas 93 sidang anggaran di Banggar dan Komisi-Komisi DPR selama 16 Agustus sampai dengan 12 September 2013, rata-rata kehadiran anggota hanya 35%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya