SOLOPOS.COM - Gajah pencuri pisang di jalanan India menjadi sorotan publik. (Twitter-@ParveenKaswan)

Solopos.com, MADIUN — Video seekor gajah liar yang mencegat bus di jalanan India lalu membegal pisang viral di media sosial. Hal itu dikarenakan sang gajah nekat mengadang dan menerobos masuk ke dalam bus hanya demi mencuri pisang.

Aksi tak biasa gajah begal pisang di India itu bukan tanpa alasan. Aksi gajah liar itu berhasil tertangkap kamera seorang netizen dan di-posting oleh pengguna akun Twitter @ParveenKaswan, Rabu (11/11/2020).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dalam video itu terlihat seekor gajah liar mengadang sebuah bus yang sedang melintas. Hal itu karena sang gajah melihat ada makanan dalam bus tersebut.

Gatot Brajamusti Meninggal Dunia, Ada Wasiat buat Parfi...

Sontak gajah liar itu langsung melongokkan belalainya ke dalam jendela bus untuk mengambil pisang-pisang tersebut. Supir bus pun terlihat sangat panik karena belalai gajah menghalanginya busnya bergerak.

Akhirnya para penumpang mendekatkan pisang-pisang tersebut agar lebih mudah diambil oleh sang gajah. Setelah berhasil mencuri pisang tersebut, belalai gajah itupun keluar dari dalam bus.

Sang supir bus langsung melajukan bus dengan kencang karena takut gajah itu melakukan aksi lainnya.

Astronom Klaim Temukan Kembaran Bulan di Balik Mars

Video ini akhirnya viral di Twitter dan diunggah di berbagai platform media sosial lainnya seperti Instagram dan Facebook.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Cari Tau Indahnya Dunia ? (@faktanyagoogle)

Bebas Berkeliaran

Seperti yang diketahui gajah liar di India memang masih banyak berkeliaran, bahkan mereka bisa berjalan bebas di jalan raya tempat melajunya mobil dan kendaraan lain yang melintas. Namun di India sekalipun, tak lazimnya gajah jadi begal pisang.

Dilansir dari National Geograpic, fenomena konflik antara satwa liar dan manusia memang sering kali terjadi. Sehingga, aksi gajah liar itu mungkin bukan tanpa alasan. Hal ini mungkin terjadi karena habitat satwa liar semakin terancam dan akhirnya berkeliaran di pemukiman warga.

Jitu Selamatkan Hubungan dari Ancaman Medsos

Di India, 80 persen penyebaran gajah berada di luar kawasan lindung sehingga konflik manusia dan gajah sulit dihindari.

Aksi gajah liar ini dianggap meresahkan oleh banyak warga di India. Tak jarang, banyak gajah mencuri makanan dari warga yang sedang berjualan atau di dalam kendaraan. Hal inilah yang menyebabkan pemburuan gajah seringkali terjadi.

Bahkan, menurut catatan Conservationindia.com, sebanyak 2.361 orang tewas dalam insiden konflik dengan gajah antara tahun 2014-2015 dan 2018-2019. Dalam kurun waktu yang sama, sebanyak 510 ekor gajah tewas dalam insiden sengatan listrik, kecelakaan kereta api, perburuan, dan keracunan.

Smartwatch Tak Mesti Persegi, Ini Alternatifnya…

Video gajah mencuri pisang itu bisa jadi adalah potret terdesaknya habitat gajah di habitat aslinya. Bahkan, banyak netizen yang miris melihat video itu. Mereka mengaku sedih karena mungkin perilaku gajah tersebut karena habitatnya mulai tergeser akibat ulah manusia itu sendiri.

“Akibat hutan yg terus digunduli gajah pun ke jalan,” ujar @mawartin_tania.

“Dia cuma butuh makan aja woy karna habitat mereka dah menipis makanannya,” kata @resydwidanto.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya