Gaikindo Klaim TKDN Produk Lokal Sudah 80 Persen

Ada 25 merek kendaraan penumpang dan komersial yang berpartisipasi pada gelaran GIIAS 2022

 
Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto (kanan) melihat dari dekat mobil terbaru Hyuandai Stargazer yang dipamerkan di ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Serpong, Tangerang, Banten, Kamis (11/8/2022). GIIAS 2022 yang berlangsung 11 - 21 Agustus 2022 diikuti 25 merek kendaraan penumpang dan komersil anggota Gaikindo serta menghadirkan produk mobil baru dan konsep serta sepeda motor. (Solopos.com/Antara)

SOLOPOS.COM - Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto (kanan) melihat dari dekat mobil terbaru Hyuandai Stargazer yang dipamerkan di ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Serpong, Tangerang, Banten, Kamis (11/8/2022). GIIAS 2022 yang berlangsung 11 - 21 Agustus 2022 diikuti 25 merek kendaraan penumpang dan komersil anggota Gaikindo serta menghadirkan produk mobil baru dan konsep serta sepeda motor. (Solopos.com/Antara)

Solopos.com, JAKARTA–Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menggelar Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS untuk kali ke-29.

GIIAS tahun ini bertajuk Future is Bright. Pameran otomotif bertaraf internasional terebut dibuka Menteri Koordinator bidang Perkonomian Airlangga Hartarto bersama Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di ICE BSD City, Tangerang, Kamis (11/8/2022).

PromosiGelaran B20 di Jawa Timur Fokus pada Rantai Pasok UMKM

Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi menyampaikan turut mendukung substitusi impor melalui penggunaan bahan baku yang didominasi produk lokal.

“Industri otomotif Indonesia terus mendorong penggunaan komponen dalam negeri, paling penting untuk mengurangi impor dan mendorong menilai ekspor, baik CBU maupun komponen. Saat ini berbagai jenis kendaraan bermotor yang diproduksi di Indonesia telah memiliki kandungan lokal 30%-80%,” ujar dia dalam sambutan pembukaan GIIASS, Kamis (11/8/2022).

Melihat kinerja ekspor kendaraan bermotor, Yohannes menyampaikan bahwa sepanjang Juni hingga Juli 2022 total ekspor CBU mencapai 242.201 unit serta jutaan CKD serta komponen.

“Dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya tetcatat kenaikan angka ekspor CBU sebesar 45,8%,” lanjutnya.

Sesuai dengan ketentuan pemerintah, Saat ini produk kendaraan bermotor yang diproduksi oleh anggota Gaikindo telah menerapkan standar emisi gas buang sebagai bentuk nyata mendukung program pemerintah Mencapai net zero emiision kendaran bermotor listrik berbasis baterai.

Maka sejak 2022 beberapa anggota Gaikindo telah mulai memproduksi kendaraan bermotor listrik berbasis baterai atau electric vehicle (EV).

“Melalui GIIAS, Gaikindo menggelorakan semangat menuju masa depan yang cerah sejalan dengan tema GIIAS tahun ini the future is bright. Kami akan terus mendorong pencapaian industri otomotif dan menjadi pembuka akses pasar global, memaksimalkan kapasitas produksi dan menjadikan Indonesia sebagai industri otomotif terbesar di Asia Tenggara,” jelas dia.

Seusai meresmikan pembukaan GIIAS 2022, Airlangga Hartarto dan Agus Gumiwang mengunjungi seluruh area pameran GIIAS 2022, mulai dari peserta kendaraan penumpang, kendaraan komersial, dan area industri pendukung.

Total ada 25 merek kendaraan penumpang dan komersial yang berpartisipasi pada gelaran GIIAS 2022. Dari sejumlah merek tersebut, beberapa di antaranya akan memamerkan kendaraan listrik mereka.

Sejumlah merek yang akan berpatisipasi yaitu Audi, BMW, Chery, Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Porsche, Subaru, Suzuki, Toyota, VW, Wuling, dan dari kendaraan komersial hadir Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso dan UD Trucks.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul GIIAS 2022, Gaikindo: TKDN Produk Lokal Tembus 80 Persen

 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      BRI Dorong Transaksi Nontunai Ratusan Ribu Pelaku UMKM Lewat Platform AYO SRC

      PT. BRI menginisiasi kerja sama layanan digital payment pada platform AYO SRC dari PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) dalam rangka memperkuat dan membangun ekosistem UMKM Indonesia.

      Fokus E-Football, Diplomat Esport Arena Solo Meriahkan Piala Dunia

      Diplomat Esport Arena(DEA), kembali menggelar event di tahun ini, Sabtu (24/9/2022). Guna memeriahkan ajang Piala Dunia, DEA 2022 lebih fokus pada laga e-football kategori console games.

      Jokowi Setujui Usul Mendag soal Dana Rp100 Triliun BUMN untuk Beli Hasil Tani

      Mendag Zulkifli Hasan menyatakan usulan disampaikan agar petani lebih sejahtera dan harga bahan pokok seperti beras, jagung, dan lain-lainnya bisa terjaga pasokannya dan harganya terjangkau.

      PLN Hadirkan Listrik Tanpa Kedip di Indonesia International Series 2022

      PLN telah menyiapkan infrastruktur supply berlapis, berupa pengamanan lokasi kegiatan dengan skema double supply sehingga keandalan lebih terjaga di GOR Amongrogo Yogyakarta

      Mirip TaniHub, Kemendag akan Bangun Marketplace Pertanian

      Platform marketplace bentukan Kemendag ini diharapkan dapat menemukan produsen hasil pertanian dengan pembeli.

      Harga Minyak Dunia Anjlok, ESDM: ICP US$63 per Barel Ada Penyesuaian Harga BBM

      Menteri ESDM Arifin Tasrif menyatakan akan ada penyesuaian harga BBM jika harga minyak mentah dunia mendekati asumsi ICP US$63 per barel.

      Ratusan Tenant Meriahkan Pembukaan Solo Great Sale 2022 di CFD

      Ratusan tenant SGS 2022 berjalan dari Solo Grand Mall (SGM) menuju Loji Gandrung, Minggu (25/9/2022) menyemarakkan pembukaan event belanja akbar di Solo itu.

      Bulog Telah Siapkan 650.000 Ton Beras untuk Operasi Pasar 2022

      Bulog menjamin kebutuhan beras tersedia di masyarakat dengan harga terjangkau walau di pasaran ada sedikit kenaikan harga.

      Hari Ini, Solo Great Sale 2022 Dimulai, 23.000 Pelaku Usaha Ikuti SGS

      Ditargetkan ada 23.000 pelaku usaha yang akan terlibat sebagai pengisi tenant SGS 2022.

      Jangan Sampai Ketinggalan! Cek Jadwal KRL Commuterline Solo-Jogja Hari Ini

      Commuterline atau yang lebih dikenal KRL Solo-Jogja hadir untuk melayani masyarakat yang ingin menempuh perjalanan dari Jogja-Solo atau sebaliknya.

      Solo Great Sale 2022 Dimulai, Pembiasaan Transaksi Nontunai Dikuatkan

      Solo Great Sale (SGS) 2022 siap dimulai, Minggu (25/9/2022). Ditargetkan ada 23.000 pelaku usaha yang akan terlibat sebagai pengisi tenant SGS 2022.

      Pertumbuhan Melambat, Facebook dan Google akan Kurangi Jumlah Karyawan

      Di tengah pertumbuhan yang melambat, perusahaan induk Facebook Meta dan Google Alphabet dikabarkan akan mengurangi pegawainya karena raksasa teknologi itu ingin memangkas biaya. 

      Di Balik PHK Karyawan Indosat Ooredoo Hutchison, Ada Beban Gaji Naik 68 Persen

      Emiten telekomunikasi PT Indosat Tbk. (ISAT) atau Indosat Ooredoo Hutchison melakukan perampingan karyawan alias PHK sejumlah karyawan.

      PHK Besar-Besaran Indosat dan Senjakala Layanan Telepon & SMS

      Disrupsi teknologi mengancam keberlangsungan operator telekomunikasi. Kini, semakin jarang orang yang memanfaatkan layanan telepon dan SMS akibat gempuran instant messenging seperti WhatsApp yang menawarkan layanan lebih praktis dan hemat tentunya.

      Dukung Kemudahan Investasi, BRI Hadirkan Fitur Pembelian SBN di BRImo

      Aplikasi Super Apps Digital Banking BRImo milik PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus melakukan inovasi untuk memenuhi beragam kebutuhan layanan finansial nasabah.