Tutup Iklan

GAGASAN : Masyarakat Tertutup Era Keterbukaan

GAGASAN : Masyarakat Tertutup Era Keterbukaan

SOLOPOS.COM - Ichwan Prasetyo (Istimewa)

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (9/10/2017). Esai ini karya Ichwan Prasetyo, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah ichwan.prasetyo@solopos.co.id.

Solopos.com, SOLO–Masyarakat tertutup mempertahankan keberadaannya melalui ketaatan mutlak kepada perintah yang diyakini benar, terlepas dari apakah kebenaran itu sudah diuji atau belum. Pengujian yang dimaksud mustahil dilaksanakan karena masyarakat tertutup tidak menghendaki tafsir.

Tujuan masyarakat tertutup hanya satu: membangun jaringan untuk melanggengkan tradisi yang menurut pandangan mereka paling murni. Mereka bersiaga menyerang apa dan siapa saja yang mencoba membuka ketertutupan itu.

Ilmu pengetahuan sebagai proses imajinatif yang penuh kebebasan dan kesetiaan kepada fakta tidak mungkin tumbuh dalam masyarakat yang tertutup. Ilmu pengetahuan akan terancam perkembangannya kecuali kita bersama-sama menahan laju pelbagai unsur yang akan menjadikan masyarakat menjadi masyarakat yang tertutup.

Tiga paragraf di atas saya kutip dari bagian akhir teks kuliah terbuka berjudul  Ancaman terhadap Ilmu Pengetahuan yang disampaikan Karlina Supelli, dosen di Program Pascasarjana Filsafat Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara, 22 September 2017, di Aula Pascasarjana Universitas Katolik Parahyangan, Bandung, Jawa Barat.

Masyarakat tertutup ini menjadi anomali di tengah masyarakat ”terbuka”, masyarakat global, era kesejagatan. Realitasnya memang demikian. Justru era “keterbukaan” itu malah mendorong mengkristalnya masyarakat tertutup. Eksistensi mereka didukung infrastruktur keterbukaan itu.

Apa wujud masyarakat tertutup itu? Sebenarnya kalau kita jeli kita akan mudah menemukan anasir-anasir masyarakat tertutup itu. Mereka bukan masyarakat yang jauh dari pendidikan formal. Mereka bukan masyarakat yang tak berpendidikan. Bukan masyarakat primitif atau suku terasing. Bisa jadi mereka adalah teman-teman kita sendiri atau malah saudara dekat.

Selanjutnya adalah: Masyarat tertutup di era “keterbukaan” ini dibangun oleh pandangan politik

Berita Terkait

Berita Terkini

3 Zodiak Ini Konon Insan Paling Kreatif

Dalam urusan kreativitas, ada beberapa orang yang bingung dengan idenya, namun ada yang mudah mewujudkan layaknya zodiak insan kreatif.

Persika Karanganyar 0-1 Persis Solo: Assanur Rijal Akhirnya Pecah Telur

Setelah nihil gol di empat laga uji coba awal klub, Rijal Torres akhirnya pecah telur saat Persis beruji coba melawan Persika Karanganyar

Ngeri! Tabrak Pikap Pengendara Motor Tewas Terlindas Tronton

Kecelakaan itu terjadi antara pengendara sepeda motor Honda Vario dengan mobil Grand Max pikap dan truk tronton

Waduh! Stok Oksigen Menipis, RSUD Sragen Ketir-Ketir

RSUD dr Soehadi Prijonegoro Sragen dibuat ketir-ketir dengan kondisi stok oksigen untuk pasien Covid-19 yang menipis.

8 Vaksin & Obat Covid-19 Ini Paling Laris

Bagi kaum skeptis, datangnya pandemi virus corona berati kesempatan bagi para penyedia obat-obatan dan vaksin pencegah Covid-19.

Target Vaksinasi Covid-19 di Jepang Terlampaui, Ini Kiatnya…

Jepang menuntaskan target vaksinasi Covid-19 melalui kerja keras memenuhi target, yakni mewujudkan sampai satu juta dosis vaksin setiap hari. 

Parah! Mau Diberi Masker, Pria Kulonprogo Malah Memukul Polisi

WW, 46 tahun warga Kulonprogo ditangkap setelah memukul Kanit Binmas Polsek Pandak, Ipda Tetepana yang hendak memberinya masker.

Tuan Rumah Liga 2: Sriwijaya FC Berencana Mundur, Persis di Atas Angin

Jika Sriwijaya FC benar-benar mundur, tinggal enam klub yang mengajukan markasnya sebagai tuan rumah babak awal Liga 2.

Tikus Duduki Australia, Napi Diungsikan

Populasi tikus di Australia tidak terkendali dan menduduki benua hingga mendesak manusia sehingga narapidana diungsikan.

Pegawai Setda Terpapar Covid-19, Pemkab Wonogiri Terapkan WFH Di Seluruh OPD

Pemkab Wonogiri menerapkah kebijakan work from home atau WFH untuk seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) hingga 5 Juli.

Memanas! Rusia Peringatkan Kapal Perang Inggris di Laut Hitam

Kapal militer Rusia dilaporkan melepaskan tembakan peringatan ke arah sebuah kapal Perang Angkatan Laut Inggris di Laut Hitam.

Klaten Zona Merah, Anak Balita Dan Kelompok Rentan Dilarang Ke Pusat Perbelanjaan

Instruksi Bupati Klaten melarang anak balita, warga lansia, ibu hamil, dan kelompok rentan lainnya masuk ke pusat perbelanjaan.