Tutup Iklan

GAGASAN : Ketika Uang Tunai Terpinggirkan

GAGASAN : Ketika Uang Tunai Terpinggirkan

SOLOPOS.COM - E-money untuk membayar tol (foto: cermati.com)

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com.

Solopos.com, SOLO — Perkembangan teknologi digital yang super cepat mengubah banyak hal, baik di bidang ekonomi, bisnis, gaya hidup, dan berbagai aspek kehidupan yang lain. Demikian juga dalam hal sistem pembayaran.

Sistem pembayaran diawali dengan barter lalu berlanjut dengan dikenalkannya uang tunai. Saat ini dan pada masa depan masyarakat akan semakin akrab dengan sistem pembayaran nontunai.

Ruas jalan tol Solo-Ngawi yang merupakan merupakan bagian dari pembangunan jalan tol Solo-Kertosono segera dibuka penuh operasionalnya. Sistem pembayarannya menggunakan uang elektronik (e-money).

Ini sesuai Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No. 16/PRT/M/2017 tentang penggunaan transaksi tol nontunai (uang elektronik) atau electronic toll (e-toll) yang berlaku penuh mulai 31 Oktober 2017.

Belum lama ini Presiden Joko Widodo mempraktikkan penggunaan e-toll ketika meresmikan ruas tol seksi Bawen-Salatiga. Sampai saat ini sebagian besar masyarakat, khususnya di wilayah Soloraya, mayoritas masih memakai uang tunai.

Perilaku ini agak berbeda dengan masyarakat di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) yang mulai terbiasa menggunakan uang elektronik dan transaksi nontunai.

Selanjutnya adalah: Di Jabodetabek uang elektronik di sektor transportasi…

Berita Terkait

Berita Terkini

Rekor Baru! Sehari Ada 17 Pemakaman Pasien Covid-19 di Wonogiri

Jumlah pemakaman pasien Covid-19 dalam satu hari di Wonogiri memecahkan rekor baru selama pandemi Covid-19 yakni sebanyak 17 pasien.

Setelah Wali Kota, Kini Giliran Ketua DPRD Salatiga Positif Covid-19

Ketua DPRD Salatiga dan keluarga terpapar Covid-19. Ini terjadi setelah Wali Kota sembuh dari Covid-19.

Celana Jeans Efek Basah Seperti Mengompol Ini Dijual Rp1 Juta, Tertarik Beli?

Celana jeans buatan perusahaan mode Amerika Serikat ini mempunyai gaya yang unik dengan memberi efek basah seperti orang mengompol.

Ada Penampakan Buaya di Bengawan Solo, Warga Diminta Hati-Hati

Penampakan seekor buaya di Bengawan Solo membuat warga di Desa Parengan, Kecamatan Maduran, Lamongan Jatim takut.

Kisah Sukarelawan Pemakaman Covid-19 di Wonogiri: Jalan Kaki 1 Km Lewat Sungai Sampai ke Makam

Kisah inspiratif kali ini tentang sukarelawan pemakaman pasien Covid-19 yang harus berjalan 1 km meelintasi sungai demi memakamkan jenazah.

Pemkab Sukoharjo Waspadai Klaster Perkantoran, ASN Hingga Cleaning Service Jalani Swab Antigen

Pemkab Sukoharjo melakukan tes swab antigen terhadap seluruh aparatur sipil negara atau ASN hingga cleaning service guna mengantisipasi munculnya klaster perkantoran.

Main di Sungai Kedung Bandung, Bocah Jatisrono Wonogiri Meninggal Tenggelam

Seorang bocah ditemukan meninggal dunia  tenggelam di Sungai Kedung Bandung, Kecamatan Jatisrono, Wonogiri, Kamis (24/6/2021).

Grenadier 4X4 Dimodifikasi Jadi Mobil Pembersih Ranjau Darat

Ineos Automotive menggandeng Halo Trust mengembangkan mobil Grenadier 4x4 menjadi armada pembersih ranjau di 25 negara pascaperang.

Bangkitkan Potensi Lokal, Tim UNS Gelar Pelatihan Pengolahan Bekatul di Sukoharjo

Tim Pengabdian Riset Lingkungan dan Pengelolaan SDA UNS menggelar pelatihan pemberdayaan masyarakat non produktif untuk mengolah bekatul di Sukoharjo.

3 Momen Ini Bikin Wali Kota Solo Gibran Marah

Inilah tiga momen Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka terlihat marah dan geram saat bekerja. Kira-kira apa saja ya?

Covid-19 Ngegas, Rawa Jombor Klaten Ditutup

Objek wisata Rawa Jombor Klaten ditutup sampai batas waktu yang belum ditentukan karena kasus Covid-19 terus meningkat.

Beri Layanan Optimal, Pemkab Blora Sederhanakan Birokrasi

Pemerintah Kabupaten Blora segera melaksanakan penyederhanaan birokrasi guna meningkatkan kualitas kerja aparatur perangkat daerah.