Tutup Iklan

GAGASAN : Kemenangan Setya Novanto

GAGASAN : Kemenangan Setya Novanto

SOLOPOS.COM - Agus Riewanto (Istimewa)

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (3/10/2017). Esai ini karya Agus Riewanto, seorang Doktor Ilmu Hukum dan pengajar di Fakultas Hukum serta Program Pascasarjana Ilmu Hukum Universitas Sebelas Maret. Alamet e-mail penulis adalah agusriewanto@yahoo.com.

Solopos.com, SOLO -- Kita baru saja mendapat tontonan peristiwa ”dramatis” pembebasan Ketua DPR Setya Novanto dari status tersangka yang ditetapkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus dugaan korupsi dana proyek pengadaan kartu tanda penduduk (KTP) elektronik atau e-KTP senilai Rp2,5 triliun.

Setya Novanto dibebaskan dari status tersangka oleh hakim tunggal Cepi Iskandar dalam sidang praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (Solopos edisi Sabtu, 30 September 2017). Peristiwa ini memantik perdebatan publik dan hampir semua kalangan mempertanyakan kredibilitas hakim dan pengadilan dalam memutus gugatan status tersangka korupsi di sidang praperadilan.

Ini bukan kali pertama hakim praperadilan membebaskan tersangka kasus korupsi. Paling tidak telah ada 147 gugatan praperadilan dan KPK kalah dalam empat kasus dugaan korupsi, yaitu kasus dugaan pemilikan rekening gendut yang menjerat Komisaris Jenderal Budi Gunawan (13 Januari 2015); kasus dugaan korupsi dengan tersangka Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajudin (7 April 2014), kasus korupsi mantan Ketua BPK Hadi Poernomo (21 April 2014), dan kasus Setya Novanto ini.

Dalam Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) dikenal mekanisme praperadilan,  yaitu persidangan oleh pengadilan negeri untuk menguji sah tidaknya tindakan penangkapan dan atau penahanan. Pengadilan juga berwenang memeriksa dan memutus sah tidaknya penghentian penyidikan atau penuntutan.

Itulah sebabnya kerap kali praperadilan dijadikan modus para koruptor untuk dapat bebas dari status tersangka. Praperadilan merupakan peradilan hukum acara yang bersifat administratif maka praperadilan ini tidak terpaku pada substansi kejahatan.

Selanjutnya adalah: Praperadilan hanya akan menilai apakah proses penetapan seseorang…

Berita Terkait

Berita Terkini

Songsong Pilkada 2024, Puan Maharani Konsolidasikan PDIP di Jatim

Baliho bergambar Ketua DPR Puan Maharani bermunculan di Jawa Timur menjelang Pemilihan Presiden 2024 dan Pilkada 2024.

Ditinjau Menteri PUPR, Proyek Pintu Air Demangan Baru Capai 60%

Selain kondisi pintu air Demangan lama yang sudah mengkhawatirkan, terjadinya perubahan iklim turut mengubah debit air sungai.

Kim Jong-un Sebut K-Pop Seperti Kanker Ganas

Pimpinan tertinggi Korea Utara Kim Jong-un menyebut hallyu atau Korean wave bagaikan kanker ganas yang merusak anak muda Korea Utara.

Asyik, Wisata Kuliner Pasar Doplang Wonogiri Mulai Buka

Wisata Pasar Doplang Wonogiri khusus menyajikan kuliner/penganan tradisional dengan mengadopsi konsep transaksi zaman dahulu.

Teken MoU dengan LSPPO, FP UNS Bekali Lulusan dengan Kompetensi Pertanian Organik

FP UNS bakal menjadi tempat uji kompetensi dan membekali lulusan dengan sertifikat kompetensi bidang pertanian organik.

Kediri Canangkan Gempur Rokok Ilegal

Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur menggandeng Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai untuk mencanangkan kampanye Gempur Rokok Ilegal.

Waduh, Ada Titik Api Baru di Pembatas Tangki Pertamina Cilacap

Pihak Pertamina Cilacap menjelaskan ada titik api baru di area 39 yang menjadi lokasi kebakaran tangki di kawasan kilang Jumat malam.

Christian Eriksen Kolaps, Denmark Vs Finlandia Dihentikan

Christian Eriksen tersungkur ke lapangan saat menerima bola lemparan ke dalam di sisi kanan pertahanan Finlandia.

Zodiak Ini Kata Astrologi Pandai Bergaul

Beberapa zodiak cenderung pemalu dan tertutup, sementara zodiak lainnya pandai bergaul sehingga sangat menarik perhatian.

Persib Bandung 1-1 PS Tira Persikabo: Robert Petik Hal Positif

Persib memimpin lewat gol Febri Hariyadi pada menit ke-40 namun disamakan oleh gol balasan Ciro Alves pada menit ke-56.

Kasus Covid-19 di Klaten Bertambah 80 Orang, 6 Meninggal Dunia

Penambahan kasus baru Covid-19 terbanyak di Kabupaten Klaten berasal dari Kecamatan Manisrenggo, yakni mencapai 17 orang.

Ivermectin Viral Disebut Obat Covid-19

Ivermectin yang lazim digunakan untuk mengobati berbagai jenis infestasi parasit viral disebut sebagai obat virus corona pemicu Covid-19.