Tutup Iklan

GAGASAN : Daya Beli Menurun

GAGASAN : Daya Beli Menurun

SOLOPOS.COM - Ginanjar Rahmawan (istimewa)

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id.

Solopos.com, SOLO--Belakangan ini beberapa kawan saya yang berbisnis di berbagai sektor bertanya kepada saya mengenai kondisi ekonomi Indonesia. Tujuan utamanya adalah mencurahkan isi hati seputar bisnis mereka.

Salah seorang kawan saya yang berjualan pakaian produk lokal dan kini didukung lebih dari 20 distributor mengatakan sejak awal 2017 merasakan penurunan omzet yang cukup membuat repot keuangan.

Menurut kawasan saya itu penjualan selama Ramadan dan Lebaran yang merupakan momentum dia bisa panen raya ternyata tak seperti yang dia harapkan, tak seindah Ramadan dan Lebaran tahun lalu.

Begitu pula ketika saya bertemu dengan kawan-kawan saya yang bekerja di bidang otomotif. Mereka mengatakan tahun ini sulit mencapai target penjualan, apalagi kalau yang dijual mobil  nonfavorit.

Kondisi yang sama juga dialami para penjual mobil bekas. Pengusaha bidang makanan juga terkena fenomena sepinya pelanggan akhir-akhir ini. Mereka sepakat menyebutkan terjadi penurunan daya beli konsumen.

Ada dua versi pendapat mengenai hal ini. Para pelaku usaha menyampaikan memang terjadi penurunan daya beli konsumen. Hal ini bisa dilihat dari berbagai indikasi turunnya penjualan kebutuhan yang biasa konsumen.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia pernah mengungkapkan data penjualan mobil pada tahun ini anjlok 29,5% jika dibanding tahun lalu. Begitu pula di bidang ritel. Asosiasi Pengusaha Indonesia mencatat pertumbuhan pada 2016 sebesar 16,3% dan turun menjadi 6,7% pada 2017.

Menurunnya daya beli juga dapat dilihat dari indikator inflasi. Artinya, jika inflasi rendah bisa dikatakan daya beli melemah alias tidak mampu membeli barang/jasa sehingga harganya turun. Inflasi pada Januari sebesar 0,97% sedangkan inflasi pada Juli sebesar 0,69%.

Selanjutnya adalah: Turunnya pertumbuhan pengeluaran rumah tangga…

Berita Terkait

Berita Terkini

Begini Menag Sikapi Keputusan Haji 2021 Arab Saudi

Menteri Agama Yaqaut Cholil Qoumas menyatakan pemerintah tidak lagi fokus pada penyelenggaraan ibadah haji 2021 setelah keputusan Arab Saudi.

Angka Kematian Akibat Covid-19 di India Diragukan

Angka kematian resmi akibat virus corona di India semakin diragukan, seperti di Bihar yang temuan ribuan kasus Covid-19 tidak dilaporkan.

15 Anggota KKB Papua Dilumpuhkan, 4 Tewas Ditembak

Satgas Nemangkawi menundukkan kelompok kriminal bersenjata atau KKB yang diklasifikasikan teroris di Papua.

Film Hong Kong Bakal Dikekang UU Keamanan Nasional

Hong Kong menginstruksikan sensor film apa pun yang dinilai bertentangan dengan UU Keamanan Nasional yang diberlakukan oleh China tahun lalu.

Songsong Pilkada 2024, Puan Maharani Konsolidasikan PDIP di Jatim

Baliho bergambar Ketua DPR Puan Maharani bermunculan di Jawa Timur menjelang Pemilihan Presiden 2024 dan Pilkada 2024.

Ditinjau Menteri PUPR, Proyek Pintu Air Demangan Baru Capai 60%

Selain kondisi pintu air Demangan lama yang sudah mengkhawatirkan, terjadinya perubahan iklim turut mengubah debit air sungai.

Kim Jong-un Sebut K-Pop Seperti Kanker Ganas

Pimpinan tertinggi Korea Utara Kim Jong-un menyebut hallyu atau Korean wave bagaikan kanker ganas yang merusak anak muda Korea Utara.

Asyik, Wisata Kuliner Pasar Doplang Wonogiri Mulai Buka

Wisata Pasar Doplang Wonogiri khusus menyajikan kuliner/penganan tradisional dengan mengadopsi konsep transaksi zaman dahulu.

Teken MoU dengan LSPPO, FP UNS Bekali Lulusan dengan Kompetensi Pertanian Organik

FP UNS bakal menjadi tempat uji kompetensi dan membekali lulusan dengan sertifikat kompetensi bidang pertanian organik.

Kediri Canangkan Gempur Rokok Ilegal

Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur menggandeng Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai untuk mencanangkan kampanye Gempur Rokok Ilegal.

Waduh, Ada Titik Api Baru di Pembatas Tangki Pertamina Cilacap

Pihak Pertamina Cilacap menjelaskan ada titik api baru di area 39 yang menjadi lokasi kebakaran tangki di kawasan kilang Jumat malam.

Christian Eriksen Kolaps, Denmark Vs Finlandia Dihentikan

Christian Eriksen tersungkur ke lapangan saat menerima bola lemparan ke dalam di sisi kanan pertahanan Finlandia.