Tutup Iklan

GAGASAN : Bahasa Tubuh dan Bahasa Politik

GAGASAN : Bahasa Tubuh dan Bahasa Politik

SOLOPOS.COM - Triyono Lukmantoro (Istimewa)

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (19/10/2017). Esai ini karya Triyono Lukmantoro, dosen Sosiologi Komunikasi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro Semarang dan mahasiswa Program Doktor Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah triyonolukmantoro@gmail.com.

Solopos.com, SOLO -- Politik identik dengan pemakaian bahasa. Bahasa yang diberdayakan dalam dunia politik tidak sekadar bahasa verbal. Kata-kata, kalimat, paragraf, dan aneka pidato pasti menjadi serangkaian strategi dalam politik itu sendiri.

Bahasa verbal menyampaikan makna melalui ucapan dari elite politik kepada kerumunan atau publik. Ada bahasa lain yang menyatu dengan berbagai ungkapan verbal. Itulah yang disebut sebagai sisi nonverbal dalam bahasa politik.

Bahasa nonverbal memang tidak terucapkan secara lantang, tapi hal itu yang justru menarik untuk ditelaah. Bahasa nonverbal politik dapat disimak pada kalangan aktornya, yang secara sadar maupun tidak, menggerakkan bagian-bagian tubuh tertentu.

Bahasa nonverbal politik ini, pada akhirnya, memang bahasa tubuh itu sendiri. Ketika berinteraksi dengan sesama pelaku politik, setiap aktor mempunyai gaya bahasa tubuh yang khas. Ada yang mengangguk-anggukkan kepala dengan mantap untuk menunjukkan tanda kesepakatan.

Ada yang senang menunjuk-nunjuk untuk memberikan perintah dengan garang. Ada pula yang bersikap ngapu rancang untuk menunjukkan kesantunan. Peristiwa menarik bahasa politik nonverbal terjadi saat Presiden Joko Widodo melantik Anies Rasyid Baswedan sebagai Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta dan Sandiaga Salahudin Uno sebagai wakilnya, Senin sore, 16 Oktober 2017, di Istana Negara.

Ketika memberikan ucapan selamat kepada Anies maupun Sandi, Presiden Joko Widodo sekadar berjabatan tangan. Ada senyum lebar yang menghiasi wajah-wajah yang tampak berbinar-binar itu. Tidak ada adegan cium pipi kanan (cipika) dan, tentu saja, tiada juga aksi cium pipi kiri (cipiki). Rasanya terasa sangat hambar.

Selanjutnya adalah: Berlainan halnya ketika Wakil Presiden Jusuf Kalla…

Berita Terkait

Berita Terkini

Songsong Pilkada 2024, Puan Maharani Konsolidasikan PDIP di Jatim

Baliho bergambar Ketua DPR Puan Maharani bermunculan di Jawa Timur menjelang Pemilihan Presiden 2024 dan Pilkada 2024.

Ditinjau Menteri PUPR, Proyek Pintu Air Demangan Baru Capai 60%

Selain kondisi pintu air Demangan lama yang sudah mengkhawatirkan, terjadinya perubahan iklim turut mengubah debit air sungai.

Kim Jong-un Sebut K-Pop Seperti Kanker Ganas

Pimpinan tertinggi Korea Utara Kim Jong-un menyebut hallyu atau Korean wave bagaikan kanker ganas yang merusak anak muda Korea Utara.

Asyik, Wisata Kuliner Pasar Doplang Wonogiri Mulai Buka

Wisata Pasar Doplang Wonogiri khusus menyajikan kuliner/penganan tradisional dengan mengadopsi konsep transaksi zaman dahulu.

Teken MoU dengan LSPPO, FP UNS Bekali Lulusan dengan Kompetensi Pertanian Organik

FP UNS bakal menjadi tempat uji kompetensi dan membekali lulusan dengan sertifikat kompetensi bidang pertanian organik.

Kediri Canangkan Gempur Rokok Ilegal

Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur menggandeng Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai untuk mencanangkan kampanye Gempur Rokok Ilegal.

Waduh, Ada Titik Api Baru di Pembatas Tangki Pertamina Cilacap

Pihak Pertamina Cilacap menjelaskan ada titik api baru di area 39 yang menjadi lokasi kebakaran tangki di kawasan kilang Jumat malam.

Christian Eriksen Kolaps, Denmark Vs Finlandia Dihentikan

Christian Eriksen tersungkur ke lapangan saat menerima bola lemparan ke dalam di sisi kanan pertahanan Finlandia.

Zodiak Ini Kata Astrologi Pandai Bergaul

Beberapa zodiak cenderung pemalu dan tertutup, sementara zodiak lainnya pandai bergaul sehingga sangat menarik perhatian.

Persib Bandung 1-1 PS Tira Persikabo: Robert Petik Hal Positif

Persib memimpin lewat gol Febri Hariyadi pada menit ke-40 namun disamakan oleh gol balasan Ciro Alves pada menit ke-56.

Kasus Covid-19 di Klaten Bertambah 80 Orang, 6 Meninggal Dunia

Penambahan kasus baru Covid-19 terbanyak di Kabupaten Klaten berasal dari Kecamatan Manisrenggo, yakni mencapai 17 orang.

Ivermectin Viral Disebut Obat Covid-19

Ivermectin yang lazim digunakan untuk mengobati berbagai jenis infestasi parasit viral disebut sebagai obat virus corona pemicu Covid-19.