SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, BANGKOKAngela Ponce, wanita transgender wakil Spanyol di kontes kecantikan Miss Universe 2018, gagal mengukir prestasi gemilang. Meski demikian, keiikutsertaannya di ajang Miss Universe cukup mencuri perhatian. Maklum saja, dia merupakan wanita trangender pertama yang mengikuti pemilihan Ratu Sejagat.

Keikutsertaan wanita trangender merupakan kali pertama sepanjang sejarah Miss Universe yang digelar sejak 1952. Angela Ponce mengikuti ajang tersebut unruk mewujudkan impiannya sejak kecil. Dia juga ingin menunjukkan kepada dunia kapasitas seorang transgender.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

“Saya hanya ingin menunjukkan arti kesetaraan kepada semua orang. Sebagai manusia, kita tentu akan lebih bahagia jika saling memahami dan menerima sayi sama lain,” kata Angela Ponce seperti dikabarkan The Independent, Senin (17/12/2018).

Sayangnya, Angela Ponce tidak berhasil masuk ke babak 20 besar grand final Miss Universe 2018 yang digelar di Bangkok, Thailand, Minggu (16/12/2018), malam waktu setempat. Meski demikian, sejak awal Angela Ponce memang tidak berambisi untuk meraih mahkota. Dia hanya ingin mengikuti kompetisi Miss Universe 2018 untuk menunjukkan kemampuannya sebagai seorang transgender yang sering dipandang sebelah mata.

“Saya tidak berharap menjadi pemenang. Saya hanya ingin mengikuti kompetisi ini. Saya ingin membuktikan kualitas diri,” sambung Angela Ponce.

Penampilan Angela Ponce pada Miss Universe 2018 mendapat apresiasi tinggi dari pageant lovers dan anggota komunitas transgender. Mereka sangat kagum dengan Angela Ponce yang berani tampil dengan percaya diri di kontes kecantikan tersebut mewakili kaum trangender.

Perjalanan Angela Ponce mengikuti karantina Miss Universe 2018 cukup sulit. Dia harus menyisihkan 22 wanita cantik dari penjuru Spanyol untuk memenangkan gelar Miss Universe Spain 2018. Setelah berhasil, ganjalan lainnya datang karena sebelumnya ada kabar jika Miss Universe Organization tidak mengizinkan wanita transgender berkompetisi. Namun, akhirnya peraturan itu diralat sehingga Angela Ponce sukses melenggang di panggung spektakuler Miss Universe 2018.

Adapun yang dinobatkan sebagai Miss Universe 2018 adalah wakil Filipina, Catriona Gray. Sementara wakil Indonesia, Sonia Fergina Citra, harus puas hanya sampai di babak 20 besar. Dia masuk ke babak tersebut lewat daftar wildcard yang diberikan juri kepada empat kontestan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya