SOLOPOS.COM - Gafatar menggelar pemeriksaan gratis, Minggu (7/10/2102). (Akhirul Anwar/JIBI/Harian Jogja)

Gafatar menggelar pemeriksaan gratis, Minggu (7/10/2102). (Akhirul Anwar/JIBI/Harian Jogja)

JOGJA—Organisasi kemasyarakatan Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) DPC Gondokusuman menggelar aksi periksa kesehatan di balai RW 04 Terban Gondokusuman Jogja. Sedikitnya 100 warga yang mayoritas lanjut usia mendapat kesempatan mengikuti kegiatan ini secara gratis.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kegiatan ini merupakan lanjutan program peduli masyarakat yang dilaksanakan setiap bulan. “Kita mengawali aksi ini di Terban. Bulan kemarin kita menggelar di RW 05 Terban, disana antusias warga luar biasa. Bulan depan kita akan menyasar di RT yang lain,” ujar anggota Gafatar Bidang Ekonomi dan Kesehatan Muhammad Iqbal Minggu (7/10/2012).

Menurut Iqbal, pemeriksaan kesehatan dengan media urin strip digunakan sebagai media untuk mengecek kadar kolesterol, asam urat dan gula darah. Selain itu, warga juga dicek berat badan, tinggi badan, tekanan darah dan detak jantung.

Fidyana Arsanti dari bidang kesehatan menambahkan, tim medis yang terlibat merupakan anggota Gafatar. Sehingga pelaksanaan periksa kesehatan ini benar benar aksi sosial karena berasal dari masyarakat untuk masyarakat.

Disinggung mengenai dana berasal dari iuran masyarakat. Berapapun iurannya dikumpulkan sehingga bisa untuk menggelar kegiatan untuk warga yang membutuhkan. “Iurannya dari masyarakat dan kegiatannya juga untuk masyarakat,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya