SOLOPOS.COM - Poster CFCS UNICEF 2019. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Ketua Forum Anak Solo (FAS), Belva Aulia Putri Ayu, 15, terpilih sebagai delegasi Indonesia dalam Child Friendly Cities Summit (Konferensi Kota Layak Anak) 2019 di Kota Cologne, Jerman pada 14-18 Oktober. Selain Belva, delegasi lain dari Indonesia berasal dari Surabaya.

Fasilitator FAS, Farimita Mawarta, mengatakan kegiatan yang didukung UNICEF ini menandai peringatan 30 tahun Konvensi Hak Anak dan merayakan pencapaian kota sekaligus masyarakat guna memastikan semua anak menikmati hak mereka.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Selain dihadiri oleh anak dan pemuda, para walikota, pemimpin lokal, para ahli dan pakar dari kota layak anak dari seluruh dunia juga datang untuk mendiskusikan pendekatan inovatif. Diskusi diharapkan mampu meningkatkan aksi dan komitmen lokal dalam mengadvokasi hak anak serta mengidentifikasi sekaligus berbagi praktik dalam tataran lokal.

“Dua delegasi terpilih melalui mekanisme partisipatif, baik yang dilakukan oleh kantor UNICEF lokal ataupun mitra kerja. Untuk Solo, pemilihan anak dilakukan oleh Sahabat Kapas bekerjasama dengan FAS dan Pemkot,” kata dia, ditemui usai pamitan di Kantor Wali Kota Solo, Kamis (10/10/2019).

Mita, sapaan akrabnya, mengatakan Belva bakal menjadi salah satu pembicara dalam plenary session pembukaan pada Selasa (15/10/2019) bersama beberapa anggota Dewan Penasihat Anak dan Pemuda lainnya. Mereka akan berbicara tentang pentingnya Kota Layak Anak (KLA).

Mita menjelaskan peserta konferensi akan diminta belajar sekaligus menyuarakan pendapat mereka tentang isu seputar KLA. Di antaranya 20 tahun keberjalanan KLA, kota yang inklusif, parsitipatoris, dan aman, pemerintahan lokal yang ramah anak, pembelajaran yang menyenangkan, pembiayaan yang responsif anak, serta teknologi dan lingkungan.

“Perwakilan dari UNICEF, walikota, akedemia, aktivis, seniman juga akan berbicara dan menguatkan narasi tentang usaha dan pentingnya upaya berkelanjutkan untuk mewujudkan lebih banyak KLA,” ucapnya.

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo dalam kesempatan itu meminta delegasi Indonesia menjaga nama baik bangsa dan menceritakan praktik baik pemenuhan hak dan perlindungan anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya