Tutup Iklan
Furnitur Properti Habis Dimakan Rayap? Ini Solusinya
Rayap (freepik)

Solopos.com, SOLO -- Rayap merupakan binatang menjengkelkan bagi setiap pemilik rumah. Bagaimana tidak, furnitur bisa saja habis dimakan rayap tanpa diketahui dengan jelas oleh penghuni rumah.

Bisa dibilang, rayap merupakan musuh dari hampir semua jenis bangunan. Di wilayah tropis seperti ini, dengan curah hujan yang tinggi membuat rayap susah untuk terhindarkan.

Pemilik rumah seringkali tidak mengetahui jika furniturnya habis dimakan rayap. Lama kelamaan furnitur dan kayu pada rumah mulai keropos dan rusak akibat digerogoti rayap. Belum lagi buku kesayangan yang bisa saja jadi mangsa rayap.

Kreatif! Bus Physical Distancing Lahir Di Jawa Tengah, Satu Kursi Satu Penumpang

Cukupi Pencahayaan

Berikut ini beberapa tips agar rumah Anda bebas dari rayap, seperti dirangkum dari berbagai sumber:

1. Lindungi furnitur yang berbahan kayu
Kayu merupakan mangsa utama rayap. Jika rumah Anda dipenuhi oleh furnitur kayu, Anda harus memberikan perlindungan ekstra. Jemur furnitur secara rutin agar tidak lembap. Sebisa mungkin jangan meletakkan furnitur yang berunsur kayu langsung dengan tanah karena kelembapannya akan mengundap sarang rayap.

2. Perhatikan dinding dan lantai yang berlubang
Tidak menutup kemungkinan rumah Anda terdapat retakan atau dinding yang berlubang. Jika dinding dan lantai Anda ada yang berlubang, tutup retakan atau lubang tersebut karena hal itu berpotensi jadi jalan masuknya rayap ke rumah Anda.

Mewujudkan Kota Masa Depan Dengan Regenerasi Dan Revitalisasi

3. Ventilasi udara
Sinar matahari sangat penting untuk menghindari rayap. Udara lembap merupakan faktor utama adanya rayap. Untuk menghindarinya buat ventilasi agar sirkulasi pencahayaan dan udara berjalan dengan baik untuk terhindar dari rayap.

4. Bersihkan area buku secara berkala
Seperti yang kita tahu, kertas terbuat dari serat-serat kayu yang diolah. Rayap sebagai pemakan kayu, tentu menyukai serat-serat ini sehingga tak heran kita sering menemui buku yang hancur dimakan rayap. Buat Anda pencinta buku, rawat buku-buku koleksi Anda dengan membersihkannya secara berkala.

5. Genangan air
Seperti yang sudah dikatakan, rayap sangat suka udara yang lembap. Jika di rumah Anda terdapat genangan air, segera diatasi karena akan berpotensi mengundang rayap dan menjadi sarang rayap.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom

Pasang Baliho