SOLOPOS.COM - Ilustrasi mudik. (Antara/Nyoman Hendra Wibowo)

Solopos.com, SEMARANG — Sebanyak 700 pedagang bakso asal Wonogiri yang merantau di Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, Bekasi (Jabodetabek) bakal menikmati perjalanan mudik gratis ke Jawa Tengah (Jateng) di tahun ini. Kaum boro asal Wonogiri itu akan diangkut enam bus yang disediakan Pemprov Jateng dari Bank Jateng.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan penghubung Jateng, Risturino, mengatakan total pendaftar mudik gratis ke Jateng pada momentum Lebaran 2023 berjumlah 9.250 orang. Dari ribuan pemudik itu, sekitar 20 persen merupakan kalangan pedagang bakso asal Kabupaten Wonogiri.

Promosi Keren! BRI Jadi Satu-Satunya Merek Indonesia di Daftar Brand Finance Global 500

“Sekitar 700 orang pedagang bakso tahun ini sudah daftar mudik gratis ke Wonogiri,” kata Risturino kepada Solopos.com, Selasa (28/3/2023).

Risturino juga mengungkapkan, selama momentum arus mudik Lebaran tahun ini, terdapat 1.800 paguyuban yang memilih mendaftarkan anggotanya untuk mengikuti mudik gratis. Tujuan para pemudik, paling banyak ke eks-Karesidenan Surakarta, terutama Kabupaten Wonogiri, Klaten, dan Banjarnegara.

“Paling banyak arahnya pemudik itu ke Soloraya. Banyak pedagang bakso yang akan pulang ke Wonogiri. Kalau ojol dan pedagang sayur nanti tujuan mudiknya ke Banjarnegara dan Klaten,” ungkapnya.

Terkait armada bus, Bank Jateng menyediakan bus layanan mudik gratis sebanyak 45 unit. Sedangkan paguyuban kabupaten/kota menyediakan 85 bus ditambah 12 bus sumbangan Jasa Raharja.

“Setiap bus kapasitas ada yang 45 kursi, 50 kursi, sampai 55 kursi. Rata-rata sudah terisi penuh sejak 13 Maret kemarin. Bank Jateng sepekan lalu juga sama sudah terpenuhi. Yang kabupaten/kota juga sudah full,” bebernya.

Diberitakan sebelumnya, kuota layanan mudik gratis bantuan Pemprov Jateng telah habis pada hari pertama pembukaan atau per tanggal 13 Maret 2023. Sementara, kuota mudik gratis dari Bank Jateng juga habis tanggal 20 Maret 2023 dan kuota mudik gratis dari kabupaten/kota juga telah habis.

Adapun jadwal pemberangkatan para pemudik dilakukan tanggal 17 April 2023 dan dipusatkan di Museum Purna Bakti, kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta. Sejauh ini, belum ada penambahan bus karena masih berusaha memaksimalkan kebutuhan armada yang ada sekarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya