SOLOPOS.COM - Beberapa siswa SD Muhammadiyah Menguri di Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap, Kulonprogo bersiap melakukan foto bersama usai mengikuti deklarasi hari dongeng nasional di sekolahnya, Sabtu (28/11/2015). (JIBI/Harian Jogja/Rima Sekarani I.N)

Full day school yang diwacanakan olen Mendiknas punya banyak konsekuensi

Harianjogja.com, JOGJA--Anjuran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy agar pelajar seharian penuh di sekolah atau full day school membawa banyak konsekuensi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga DIY, Kadarmanto Baskara Aji mengaku belum mendapatkan surat edaran secara resmi tentang penerapan full day school yang dianjurkan oleh Mendikbud.

Dia mengatakan tidak ada persoalan dengan anjuran tersebut. Namun Kadarmanto menilai hal itu akan membawa banyak konsekuensi.

Salah satu konsekuensi yang harus dilakukan adalah dengan membuat kurikulum baru yang menyesuaikan kegiatan belajar mengajar selama satu hari penuh di sekolah. Hal ini perlu supaya anak-anak punya pedoman yang jelas.

“Tidak hanya datang jam tujuh lalu pintu gerbang sekolah ditutup hingga jam lima tapi siswanya bingung mau melakukan apa,” kata Kadarmanto saat dihubungi Harianjogja.com, Senin (8/8/2016).

Konsekuensi lain yang menurut Kadarmanto adalah masalah biaya yang harus ditanggung oleh orang tua murid nantinya. Mulai dari biaya makan dan fasilitas penunjang lain seperti seperti perpustakaan dan laboratorium yang akan menyerap biaya yang tidak sedikit.

Berita terkait :

Selain Full Day School, Mendikbud Baru Juga Bakal Hapus Sekolah Gratis

WACANA FULL DAY SCHOOL : Bukan Seharian Belajar di Kelas, Ini Penjelasan Mendikbud

Mendikbud Ingin Seluruh SD-SMP Pakai Sistem Full Day, Wapres ACC!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya