SOLOPOS.COM - Peraturan lomba makan ayam di KFC. (Istimewa/Facebook)

Kisah tragis dialami pria bernama Fredy Jayadi yang tewas tersedak ayam KFC.

Solopos.com, JAKARTA – Kisah tragis dialami seorang pria bernama Fredy Jayadi, 45, yang meninggal usai mengikuti lomba makan ayam yang diadakan KFC. Seorang saksi menuturkan bagaimana lomba yang merenggut nyawa Fredy itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seorang peserta lain, lomba makan ayam KFC berhadiah Rp 5 miliar bernama Mega Oktarisa, 28, cerita mengenai lomba yang merenggut nyawa Fredy itu.

Mega menceritakan, dia mengikuti lomba di restoran KFC Mal Arion Rawamangun, Jumat (11/3/2016).  Mega mengaku hanya diminta menunjukkan lembar pendaftaran. Panitia tidak ada memberi penjelasan lainnya. Termasuk kolom pertanyaan kondisi kesehatan peserta juga tidak ditanyakan panitia. Tidak ada petugas medis di lokasi lomba.

“Ternyata enggak ada briefing, dia [panitia] langung nyuruh kita duduk, pas duduk dia cuma bilang ‘ayamnya harus kulit sama daging yang habis [dimakan], kalau tulang muda enggak usah dimakan,” ucap Mega.

Selain itu, Mega mengatakan, panitia tidak menyediakan air minum untuk peserta. Peserta akhirnya membawa air minum sendiri.

Sedangkan panitia melalui laman www.menang5miliar.com sudah mengumumkan persyaratan lomba. Dalam aturan itu disebutkan peserta diwajibkan melakukan mendaftar dan melakukan registrasi serta mematuhi segala aturan dan tata cara yang berlaku. Peserta haruslah warga negara Indonesia (WNI) dan memiliki kartu identitas yang masih berlaku dan sah secara hukum.

Umur minimum untuk dapat mengikuti kompetisi ini adalah 17 tahun dan maksimal 60 tahun. Peserta yang dapat mengikuti kompetisi ini harus dalam keadaan sehat secara jasmani dan rohani.

Peserta dilarang menggunakan obat-obatan terlarang. Jika ditemukan ada peserta yang menggunakan obat-obatan tersebut, maka pihak penyelenggara dapat memproses secara hukum. Peserta wajib mengikuti dan taat pada tata cara perlombaan.

Saat mengikuti lomba, peserta diwajibkan menandatangani surat pernyataan sehat secara jasmani dan rohani. Surat pernyataan itu disiapkan panitia dan sifatnya mutlak.

Di aturan lomba, seperti dari laman Facebook resmi ajang tersebut, total keseluruhan ayam yang disediakan panitia adalah 5 potong, namun yang dilombakan hanya 3 ayam bagian sayap. Dua potong ayam sisanya bisa dibawa pulang.

Peserta hanya diperbolehkan minum dalam kondisi darurat. Minuman tidak disediakan panitia.

“Peserta diperbolehkan minum dalam kondisi urgent, dibawa sendiri dari rumah,” demikian bunyi aturan soal minum.

Fredy Jayadi, 45, yang meninggal usai mengikuti lomba makan ayam yang diadakan KFC. Warga jalan Angsoka V Blok R 7/27 Perum Kosambi Baru, Jakarta, ini dinyatakan meninggal usai tersedak ayam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya