SOLOPOS.COM - Piktogram konektor listrik terpampang pada Mitsubishi MiEV yang dipamerkan di IAA Frankfurt Motor Show, Sabtu-Jumat (14 -20/9/2013). (JIBI/Solopos/Reuters/ Ralph Orlowski)

Solopos.com, FRANKFURT — Penerapan energi listrik pada wahana beroda empat menjadi bagian menonjol pameran mobil internasional (Internationale Automobil-Ausstellung/IAA) Frankfurt Motor Show 2013 yang digelar di Frankfurt, Jerman hingga Jumat (20/9/2013) mendatang. Mobil-mobil yang sepenuhnya mengandalkan tenaga listrik yang tampil di pameran kelas dunia itu antara lain BMW i3, VW e-Golf dan VW e-Up! Bukan sekadar konsep, ketiganya menurut pabrikan pembuatnya segera mengisi show room-show room mobil dunia.

Kalaupun tak sepenuhnya mengandalkan tenaga listrik, pabrikan otomotif dunia pada IAA Frankfurt Motor Show 2013 itu tampak berupaya menampilkan mobil setengah listrik alias hybrid. Sepertinya keberhasilan Toyota Prius sebagai mobil hybrid paling populer di dunia sudah menular. Bagaimanapun, teknologi mobil hybrid yang menggabungkan motor listrik dan mesin bensin memang mengundang daya tarik konsumen dunia.

Promosi Isra Mikraj, Mukjizat Nabi yang Tak Dipercayai Kaum Empiris Sekuler

Sepenuhnya Listrik BMW i3, Hybrid BMW i8

BMW i3

Deretan mobil listrik BMW i3 ditampilkan dalam IAA Frankfurt Motor Show, Sabtu-Jumat (14-20/9/2013). (JIBI/Solopos/Reuters/Ralph Orlowski)

Bayerische Motoren Werke AG membikin kagum pengunjung IAA Frankfurt Motor Show 2013 kala pameran mobil internasional itu dibuka untuk umum, Sabtu (14/9/2013), dengan penampilan BMW i3 yang sepenuhnya mengandalkan tenaga listrik. BMW i3 yang diklaim pabrikan asli Munich itu berdaya tempuh 130 km/jam hingga 300 km/jam itu dijadwalkan masuk show roomshow room mobil di Eropa pada November depan.

BMW i8

Supercar dengan sumber tenaga listrik dan bensin, BMW i8, turut dipamerkan Bayerische Motoren Werke AG pada IAA Frankfurt Motor Show, Sabtu-Jumat (14-20/9/2013). (JIBI/Solopos/Reuters/Ralph Orlowski)

Selain mengandalkan mobil yang sepenuhnya mengandalkan energi listrik itu, Bayerische Motoren Werke AG juga menampilkan supercar hybrid, BMW i8.

 

 

Volkswagen Hadirkan e-Golf dan e-Up!

VW e-Golf

Seorang model berpose di sebelah VW e-Golf saat media preview IAA Frankfurt Motor Show, Rabu (11/9/2013). Pameran mobil terbesar dunia ini dibuka untuk umum Sabtu-Jumat (14-20/9/2013). (JIBI/Solopos/Reuters/Ralph Orlowski)

Jika diartikan harafiah, Volkswagen yang biasa disingkat VW berarti “mobil rakyat”. Namun pabrikan otomotif yang berbasis di Wolfsburg, Lower Saxony, Jerman ini pada IAA Frankfurt Motor Show, Sabtu-Jumat (14-20/9/2013), tak hanya menampilkan mobil kelas rakyat. Perusahaan yang menaungi beberapa pabrikan lain seperti Audi, Bentley Motors,Bugatti Automobiles, Automobili Lamborghini, SEAT, Škoda Auto, Porsche, dan pabrikan kendaraan komersial Scania ini juga memamerkan kemewahan Volkswagen Phaeton Exclusive pada pameran ini. Selain itu VW juga memamerkan Golf R yang berkemampuan 300 tenaga kuda.

Mobil e-Golf dan e-Up! adalah seri mobil bikinan VW yang sepenuhnya mengandalkan tenaga listrik. Keduanya turut menandai era tnaga listrik IAA tahun ini. E-Golf yang diklaim punya kemampuan tempuh hingga 190 km rencananya akan dipasarkan mulai tahun depan. Sedangkan E-Up! dengan kemampuan tempuh hingga 160 km akan dijual di Jerman mulai Oktober.

Volkswagen Phaeton Exclusive

Sejumlah juru warta peliput IAA Frankfurt Motor Show mengagumi kemewahan Volkswagen Phaeton Exclusive, Selasa (10/9/2013). (JIBI/Solopos/Reuters/Pawel Kopczynski)

 

 

Mercedes S400 Hybrid

Mercedes S400 Hybrid (JIBI/Solopos/Reuters/Ralph Orlowski)

Daimler Hadirkan S400 & S500 Plug-In Hybrid

Pengunjung berkerumun melihat Mercedes S400 Hybrid di stand produsen mobil Jerman Mercedes Benz IAA Frankfurt Motor Show, Sabtu (14/9/2013). Pameran mobil internasional atau internationale automobil-ausstellung digelar di Frankfurt, Sabtu-Jumat (14 -20/9/2013).

Mercedes S500 Plug-In Hybrid

Mercedes S500 Plug-In Hybrid (JIBI/Solopos/Reuters/Ralph Orlowski)

Di samping Mercedes S400, Daimler AG yang berkantor pusat di Stuttgart, Baden-Württemberg, Jerman itu juga menawarkan mobil Mercedes S500 Plug-In Hybrid pada IAA Frankfurt Motor Show.



New Porsche 918 Spyder

New Porsche 918 Spyder (JIBI/Solopos/Reuters/Ralph Orlowski)

Porsche Tampilkan 918 Spyder & Panamera S e-Hybrid

CEO Porsche Matthias Mueller mempertontonkan New Porsche 918 Spyder, mobil hybrid keluaran Volkswagen Group, saat Malam Volkswagen Grup yang mengawali Frankfurt Motor Show 2013, Senin (9/9/ 2013). Pameran mobil internasional atau internationale automobil-ausstellung itu digelar di Frankfurt, Sabtu-Jumat (14 -20/9/2013).

Porsche Panamera S e-Hybrid Car

Porsche Panamera S e-Hybrid Car (JIBI/Solopos/Reuters/Ralph Orlowski)

Porsche Panamera S e-Hybrid Car juga dipertontonkan pada saat Malam Volkswagen Grup yang mengawali penyelenggaraan Frankfurt Motor Show 2013 itu.

Toyota Prius edisi teranyar

Toyota Prius edisi teranyar. (JIBI/Solopos/Reuters/Kai Pfaffenbach)

Toyota Tetap Andalkan Prius, Tambah Yaris Hybrid-R

Jawara pasar mobil hybrid, Toyota Prius edisi teranyar tetap setia hadir di IAA Frankfurt Motor Show di Frankfurt, Sabtu-Jumat (14 -20/9/2013).

Toyota Yaris Hybrid-R

Toyota Yaris Hybrid-R yang lebih mungil dari Prius. (JIBI/Solopos/Reuters/Ralph Orlowski)

Untuk jenis mobil yang ditopang motor listrik dan mesin bensin, Toyota juga menampilkan Toyota Yaris Hybrid-R pada kelas wahana beroda empat yang lebih mungil.

Eeado, mobil hibrid bikinan Changan, China.

Eeado, mobil hibrid bikinan Changan, China. (JIBI/Solopos/Reuters/Ralph Orlowski

Changan Perkenalkan Eeado

Produsen mobil asal China, Changan, turut hadir pada pameran mobil internasional IAA Frankfurt Motor Show di Frankfurt, Sabtu-Jumat (14 -20/9/2013). Sebagaimana produsen lain pada acara itu, Changan juga menampilkan mobil hybrid yang dinamai Eeado. (JIBI/Solopos/Reuters/Wikipedia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya