SOLOPOS.COM - Pameran yang mempertunjukkan capaian teknologi otomotif terbaru IAA Frankfurt Motor Show, mulai dibuka Sabtu (14/9/2013) hingga Jumat (20/9/2013). (JIBI/Solopos/Reuters/Ralph Orlowski)

Solopos.com, FRANKFURT — Pameran mobil internasional (Internationale Automobil-Ausstellung/IAA) Frankfurt Motor Show yang dikenal juga sebagai Frankfurt Auto Show tahun ini digelar Sabtu (14/9/2013) hingga Jumat (20/9/2013) mendatang. Sederet mobil konsep pun dipamerkan pabrikan mobil Jerman.

IAA adalah salah satu pameran otomotif terbesar dunia yang diselenggarakan rutin oleh Asosiasi Industri Otomotif Jerman (VDA) sejak tahun 1991. Sejak awal penyelenggaraannya, pameran ini digelar di dua lokasi secara bergantian, pameran pada tahun genap diselenggarakan di Hanover, dan pameran tahun ganjil diselenggarakan di Frankfurt, Jerman.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

Wajar jika pameran tahunan ini dianggap sebagai ajang paling bergengsi mengingat 3 produsen mobil teratas dunia memang bermarkas di Jerman: Daimler AG pembuat Mercedes-Benz, Bayerische Motoren Werke AG pembuat BMW, serta Audi AG dengan merek ternama Audi Quatro. Inilah wajah mobil-mobil yang dijagokan ke-3 pabrikan ternama tersebut.

 


Daimler Tawarkan Kenyamanan Berbintang SUV Mercedes

Mercedes GLA-Class SUV

Pengunjung menonton presentasi Mercedes GLA-Class SUV di stand produsen mobil Jerman Mercedes Benz di IAA Frankfurt Motor Show, Sabtu (14/9/2013). (JIBI/Solopos/Reuters/Ralph Orlowski)

Daimler AG yang bagaikan tuan rumah utama IAA Frankfurt Motor Show menampilkan sport utility vehicle (SUV) Mercedes GLA-Class pada pameran mobil bergengsi dunia yang digelar di Frankfurt, Sabtu-Jumat (14-20/9/2013). Pabrikan mobil mewah yang berkantor pusat di Stuttgart, Baden-Württemberg, Jerman ini mengemas GLA-Class dengan mesin diesel maupun bensin 2 liter turbocharged, baik dengan front-wheeldrive ataupun all-wheel-drive.

Tetapi, walaupun Anda punya cukup uang untuk ditukarkan dengan kenyamanan berbintang SUV bikinan Daimler ini, jangan terburu-buru ingin membelinya. Mobil ini baru akan tersedia di pasaran dunia pada 2015.

Mercedes-Benz berusaha juga menarik perhatian pengunjung IAA lewat konsep S-Class Coupe dan versi ketiga A-Cass, saingan Audi Q3 dan BMW X1. Maka Mercedes S500 Plug-In Hybrid pun menjadi penarik perhatian pengunjung.

Mercedes-Benz S500 Plug-In Hybrid turut disajikan untuk menarik perhatian pengunjung IAA Frankfurt Motor Show

Mercedes-Benz S500 Plug-In Hybrid turut disajikan untuk menarik perhatian pengunjung IAA Frankfurt Motor Show mengagumi kemewahan Volkswagen Phaeton Exclusive, Selasa (10/9/2013). (JIBI/Solopos/Reuters/Ralph Orlowski).

Bayerische Motoren Werke Tawarkan Mobil Listrik

Angela Merkel bersama BMW i3 mobil listrik terbaru Bayerische Motoren Werke AG saat pembukaan IAA Frankfurt Motor Show

Kanselir Jerman Angela Merkel bersama BMW i3 mobil listrik terbaru Bayerische Motoren Werke AG saat pembukaan IAA Frankfurt Motor Show, Sabtu (12/9/2013). (JIBI/Solopos/Reuters/Kai Pfaffenbach)

Bayerische Motoren Werke AG yang oleh pengguna bahasa Inggris lebih dikenal sebagai Bavarian Motor Works dalam IAA Frankfurt Motor Show, Sabtu-Jumat (14-20/9/2013), menyajikan ke pasar dunia mobil listrik rancangan terbarunya, BMW i3. Mobil listrik bikinan BMW ini tentu saja mengagumkan.

Lewat mobil listrik itu, pabrikan yang berpusat di Munich, Bavaria, Jerman ini mengajak konsumen berpikir futuristik untuk memenuhi kebutuhan mobilitas perkotaan dengan tetap sadar akan kelestarian lingkungan hidup. BMW i3 didesain bebas emisi gas buang tetapi juga menawarkan ketenangan dan kemudahan mencapai tujuan perjalanan.

Bayerische Motoren Werke AG juga menawarkan BMW plug-in hybrid i8. Diperkenalkan pula Seri 4 baru yang merupakan versi limusin coupe dari Seri 3 serta x5 eDrive yang merupakan prototipe plug-in hybrid dari SUV x5.

Audi Tawarkan Mobil Ringan Bersuspensi Angin

Audi Quattro Nanuk pada IAA Frankfurt Motor Show

Seorang model berpose bersama Audi Quattro Nanuk pada IAA Frankfurt Motor Show yang dibuka khusus untuk juru warta, Selasa (10/9/2013). (JIBI/Solopos/Reuters/Kai Pfaffenbach)

Anak perusahaan dari Grup Volkswagen, Audi AG yang berpusat di Ingolstadt, Bavaria, Jerman mempertunjukkan mobil konsep Audi Quattro Nanuk, pada IAA Frankfurt Motor Show, Sabtu-Jumat (14-20/9/2013). Mobil sport 2 seat dengan frame bodi terbuat alumunium yang diperkuat komponen dari serat karbon polimer ini berbobot 1.900 kg.

Kecanggihan teknologi Nanuk Quattro tercermin pada suspensi udara dengan peredam yang dikontrol secara elektronik. Teknologi ini memungkinkan pengemudi mengontrol secara manual ground clearance dari ketinggian normal hingga tinggi (30 mm sampai 40 mm).

Audi Quattro Nanuk beroda besar, berukuran 22 inci. Mesinnya  diesel V10 TDI Twin Turbo berkapasitas 5,0 liter yang mampu menggerakkan roda belakang dengan daya hingga 544 tenaga kuda dengan torsi maksimal 1.000 Nm (737 lb-ft). Dilengkapi dengan transmisi S Tronic tujuh percepatan. Konon dengan mesin tersebut, audi Nanuk Quattro Concept mampu berakselarasi hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 3,8 detik. Kecepatan maksimalnya mencapai 305 km/jam, dengan konsumsi bahan bakar rata-rata 7,8 liter/100km. (JIBI/Solopos/Reuters/Wikipedia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya