SOLOPOS.COM - Francois Gabart berpose di kapal Macif (Instagram)

Francois Gabart memecahkan rekor yang ditetapkan tahun lalu oleh teman satu negara Thomas Coville.

Solopos.com, PARIS – Rekor berlayar tercepat mengelilingi dunia hampir resmi dipecahkan oleh pelayar asal Prancis, Francois Gabart. Pelayar asal Desa Brest, Brittany, Prancis itu berlayar mengelilingi dunia selama 42 hari, 16 jam, 40 menit dan 30 detik.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Francois memulai pelayaran keliling dunia pada Sabtu (4/11/2017), ia melintasi garis finis di bagian barat batas perairan Inggris dan Prancis pada Minggu (17/12/2017) pukul 01.45 GMT. Dilansir BBC, Minggu, dengan catatan yang ada, Francois bisa dibilang memecahkan rekor baru. Ia enam hariu lebih cepat dari pemegang rekor tahun lalu, Thomas Coville.

Ekspedisi Mudik 2024

Meski demikian, rekor Francois baru akan diverifikasi oleh World Sailing Speed Record Council. Juri akan memeriksa catatan GPS di kapal Francois sebelum mengonfirmasi waktu yang dicapai Francois dan memutuskannya sebagai rekor baru.

Francois berlayar mengelilingi dunia menggunakan kapal bernama Macif. Kapal tersebut memang khusus dibuat untuk berlayar mengelilingi dunia dengan kecepatan tinggi. Macif dibekali teknologi tercanggih yang ada saat ini.

BBC menyatakan waktu yang diraih Francois tak terlepas dari keberuntungan dan cuaca yang mendukung. Hal itu memberinya tambahan kecepatan berlayar.

Berdasarkan data AFP, selain memecahkan rekor dunia sebagai pelayar tercepat yang mampu mengelilingi dunia, selama perjalanan Francois juga memecahkan beberapa rekor lainnya. Dia menjadi pelayar dengan navigasi tercepat di Samudera Pasifik, dan jarak tempuh terjauh dalam kurun waktu 24 jam [1.575 km].

“Apa yang diraih Francois memang sudah seharusnya ia raih. Dilihat dari kapalnya saja, ia memiliki keunggulan dibanding kapal layar Thomas. Kalau harus diadu cepat, kapal Francois tetap akan menang. Tak hanya itu, Francois memang dikenal sebagai pelayar yang gemar dan tak takut kecepatan tinggi,” jelas pelayar senior Michel Desjoyeaux.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya