SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Pemerintah Provinsi Jawa Tengah diminta menggarap serius jalur wisata Candi Borobudur dan kawasan Dataran Tinggi Dieng.

“Kami melihat ada potensi besar pada jalur wisata Borobudur-Dieng, utamanya dalam pengembangan jalur ekowisata Dieng,” kata Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD Jawa Tengah Hendri Wicaksono di Kota Semarang, Jateng, Senin (17/12/2018).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut dia, dengan digarapnya jalur wisata Borobudur-Dieng tersebut, maka bukan hanya berhenti di sektor wisata saja yang bakal berkembang tapi juga sektor pertanian. Ia menyebutkan pada era kepemimpinan Gubernur Mardiyanto, pernah diluncurkan Program Solo-Selo-Borobudur (SSB) dan ditindaklanjuti dengan tahun kunjungan wisata di era Gubernur Bibit Waluyo.

“Di era Gubernur Ganjar Pranowo harus mulai dikuatkan dengan jalur wisata Borobudur-Dieng,” ujarnya.

Ketua Garda Bangsa Jateng ini juga mengusulkan segera dikembangkan?jalur wisata Dieng-Semarang-Jepara, baik melalui jalur Dieng via Temanggung Utara sampai Candi Gedongsongo maupun jalur Dieng- Temanggung Utara-Kendal. “Khusus di Temanggung, sedang dikembangkan kawasan tiga kecamatan yakni Bejen, Tretep dan Wonoboyo,” katanya.

Anggota Komisi C DPRD Jateng itu berharap ada sinkronisasi?perencanaan di tingkat pemerintah kabupaten/kota dan pemerintah provinsi terutama akses jalur transportasi yang belum bagus. “Kita lihat di titik daerah Tambi Wonosobo dan titik Tlogopucang Kandangan ke arah Suwomono, Kabupaten Semarang, perlu mendapat perhatian,” ujarnya.

Dengan pengembangan jalur utara Wonosobo dan Temanggung, tidak hanya jalur wisata yang berkembang, namun jalur distribusi produksi pertanian dan sayuran makin berkembang. Hendri menambahkan sektor wisata maupun pertanian yang berkembang, akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Tentu kondisi seperti ini yang kita harapkan, masyarakat semakin sejahtera sehingga provinsi ini semakin lebih baik,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya