FP UNS Tuan Rumah Workshop Asosiasi Jurnal Pertanian Indonesia

FP UNS menjadi tuan rumah workshop Asosiasi Jurnal Pertanian Indonesia (AJPI) yang dihadiri oleh para pengurus AJPI sebanyak 25 delegasi dari perguruan tinggi Fakultas Pertanian di Indonesia.

 25 Delegasi Asosiasi Jurnal Pertanian Indonesia (AJPI) mengikuti workshop di Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (FP UNS) Solo pada 2-3 Agustus 2022. (Istimewa/FP UNS)

SOLOPOS.COM - 25 Delegasi Asosiasi Jurnal Pertanian Indonesia (AJPI) mengikuti workshop di Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (FP UNS) Solo pada 2-3 Agustus 2022. (Istimewa/FP UNS)

Solopos.com, SOLO—Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (FP UNS) Solo menjadi tuan rumah workshop Asosiasi Jurnal Pertanian Indonesia (AJPI) pada 2-3 Agustus 2022. Workshop tersebut dihadiri oleh para pengurus AJPI sebanyak 25 delegasi dari perguruan tinggi Fakultas Pertanian di Indonesia.
Pengurus AJPI dalam kegiatan ini membawa misi mewujudkan AJPI sebagai organisasi yang berkontribusi nyata dalam pengembangan Jurnal Pertanian Indonesia (JPI) bereputasi internasional.

Acara workshop diawali laporan Ketua Panitia sekaligus Kepala Bidang Indeksasi Internasional, Dr. Mujiyo. Dia mengatakan acara workshop beragendakan menyusun dan melakukan finalisasi rencana kerja tahunan per bidang. Struktur organisasi AJPI terbagi menjadi empat bidang, yaitu Bidang Pimpinan dan Kesekretariatan, Bidang OJS (Open Journal System) dan IT (Information and Technology), Bidang Akreditasi Nasional serta Bidang Indeksasi Internasional.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Baca Juga: Reuni, Angkatan 1983 FP UNS Serahkan Gazebo ke Kampus

Rektor UNS Prof. Jamal Wiwoho dalam sambutannya saat membuka workshop menyampaikan UNS memiliki 134jurnal di mana 63 di antaranya terakreditasi SINTA dan 3 jurnal terindeks Scopus masing-masing dari Fakultas Pertanian (Sains Tanah – Journal of Soil Science and Agroclimatology), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (Biodiversitas Journal of Biological Diversity) dan Fakultas Hukum (BESTUUR).

“Diharapkan kegiatan ini memberikan dampak baik dengan meningkatnya reputasi jurnal terutama jurnal pertanian di lingkungan UNS dalam hal indeksasi internasional bereputasi,” ujar Prof. Jamal Wiwoho dalam rilis FP UNS kepada Solopos.com, Jumat (5/8/2022).

Ketua Umum AJPI Prof. Kuswanto menambahkah sebagai organisasi AJPI yang menaungi seluruh jurnal pertanian berperan menjadi sarana komunikasi sekaligus memberikan pendampingan kepada pengelola jurnal. Dengan workshop ini diharapkan terjalin komunikasi antarpengelola jurnal dan saling mendukung untuk kemajuan jurnal untuk meningkatkan reputasi baik nasional maupun internasional.

Baca Juga: FP UNS Resmikan Laboratorium Pertanian Terpadu di Jatiyoso Karanganyar

“Status akreditasi dan indeksasi merupakan hal yang penting bagi pengelola jurnal untuk menunjukkan reputasinya dalam menarik minat pembaca dan penulis,” ujar Prof. Kuswanto.

Selain terkreditasi, jurnal juga ditargetkan dapat terindeks internasional di antaranya DOAJ, CABI, EBSCO, Proquest, Web of Science dan Scopus.

Dekan FP UNS Prof. Samanhudi dalam menyampaikan Fakultas Pertanian UNS memiliki 10 jurnal yang telah terakreditasi nasional dari SINTA 1 sampai dengan SINTA 5. Satu jurnal telah terindeks Scopus yaitu Sains Tanah – Journal of Soil Science and Agroclimatology, serta satu jurnal yang sedang dalam proses indeksasi Scopus yaitu CarakaTani: Journal of Sustainable Agriculture.

Baca Juga: UNS Adakan Aneka Pelatihan di Sentra Pisang Jenawi Karanganyar

Keberadaan jurnal yang telah terindeks Scopus, kata dia, sangat menyumbang peningkatan reputasi UNS yang saat ini dituntut go international.

“Sinergi kerja sama dengan berbagai institusi baik dengan perguruan tinggi maupun lembaga-lembaga penelitian terus dilakukan untuk maju dan berkembang bersama-sama,” imbuh Dr. Agung Wibowo, Wakil Dekan Perencanaan Kerja Sama Bisnis dan Informasi FP UNS.

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

    Espos Plus

    Mengenal Perempuan Pencetus Kali Pertama Teori Pemanasan Global

    + PLUS Mengenal Perempuan Pencetus Kali Pertama Teori Pemanasan Global

    Banyak perempuan di dunia sains yang wafat tanpa menyaksikan masyarakat modern hidup dengan memanfaatkan dan mengakui kontribusi mereka. Eunice Newton Foote (1819-1888) adalah pencetus kali pertama teori pemanasan global.

    Berita Terkini

    Kunjungi Ferdy Sambo di Mako Brimob, Putri Candrawathi Sampaikan Ini

    Putri Candrawathi sempat menyampaikan sesuatu kepada wartawan saat datang ke Mako Brimob di Kelapa Dua Depok untuk menjenguk suaminya pada Minggu (7/8/2022).

    Putri Candrawathi Belum Diizinkan Jenguk Ferdy Sambo di Mako Brimob

    Istri mantan Kadiv Propam Polri, Putri Candrawathi dan keluarga belum diizinkan menjenguk Irjen Pol Ferdy Sambo di Mako Brimob pada Minggu (7/8/2022).

    Muncul di Mako Brimob, Istri Ferdy Sambo Putri Candrawathi Menangis

    Istri mantan Kadiv Propam Polri, Irjen Pol Ferdy Sambo, yakni Putri Candrawathi, datang ke Mako Brimob di Kelapa Dua Depok pada Minggu (7/8/2022).

    Bharada E Akan Jadi Justice Collaborator Kasus Brigadir J, Ini Maknanya

    Apa itu justice collaborator yang akan diajukan Bharada E pada kasus pembunuhan Brigadir J.

    Sopir dan Ajudan Putri Candrawathi Istri Ferdy Sambo Ditahan

    Ditipidum Bareskrim Polri menahan dua orang terkait kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J di rumah dinas mantan Kadiv Propam, Irjen Pol Ferdy Sambo.

    Heboh Kabar Penembakan di Rumah Dinas Kabareskrim, Begini Faktanya

    Begini fakta tentang kabar penembakan di rumah dinas Kabareskrim Polri, Komjen Pol Agus Andrianto.

    Mengenal Perempuan Pencetus Kali Pertama Teori Pemanasan Global

    Banyak perempuan di dunia sains yang wafat tanpa menyaksikan masyarakat modern hidup dengan memanfaatkan dan mengakui kontribusi mereka. Eunice Newton Foote (1819-1888) adalah pencetus kali pertama teori pemanasan global.

    Sejarah Hari Ini: 7 Agustus, Ledakan Bom Truk di Kedubes AS

    Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 7 Agustus.

    Biografi Moh Hatta: Wakil Presiden Pertama RI yang Mundur dari Jabatan

    Berikut ini Solopos.com rangkumkan biografi Moh Hatta yang dilansir dari berbagai sumber.

    Kisah 2 Mahasiswa UKSW Juliette-Christian Jadi Duta Genre Kota Salatiga

    Dua mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Kota Salatiga, Jawa Tengah, Juliette Heuvel Harlapan dan Christian Wolter William Tambani menjadi Duta Generasi Berencana (Genre) 2022.

    Sudah Ditangkap, Ferdy Sambo Belum Jadi Tersangka Kasus Brigadir J

    Ferdy Sambo belum ditetapkan sebagai tersangka kasus pembunuhan ajudannya Brigadir J.

    Teks Proklamasi: Isi, Sejarah Singkat & Perbedaan Naskah Klad-Otentik

    Teks Proklamasi Kemerdekaan dibacakan oleh Soekarno didampingi Mohammad Hatta di serambi depan rumah Soekarno, Jl. Pengangsaan Timur No.56 Jakarta pada 17 Agustus 1945 pukul 10.00 WIB.

    Copot CCTV di TKP Pembunuhan Brigadir J, Ferdy Sambo Terancam Pidana?

    Mafud MD menyebut tindakan Ferdy Sambo mencopot CCTV di rumah dinasnya yang menjadi TKP pembunuhan Brigadir J terancam pidana.

    Biografi Soekarno, Masa Kecil Sakit-sakitan hingga Menjadi Proklamator

    Berikut ini biografi Soekarno, Bapak Proklamator Indonesia yang juga Presiden pertama Republik Indonesia.

    Bharada E Mau Jadi Justice Collaborator Kasus Pembunuhan Brigadir J

    Bharada E setuju menjadi justice collaborator dalam kasus pembunuhan Brigadir J.