FP UNS Resmikan Laboratorium Pertanian Terpadu di Jatiyoso Karanganyar

Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret (UNS) meresmikan Laboratorium Pertanian Terpadu di Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar.

 Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret (UNS) meresmikan Laboratorium Pertanian Terpadu di Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar, Sabtu (2/7/2022). (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret (UNS) meresmikan Laboratorium Pertanian Terpadu di Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar, Sabtu (2/7/2022). (Istimewa)

Solopos.com, SOLOFakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret (UNS) meresmikan Laboratorium Pertanian Terpadu di Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar, Sabtu (2/7/2022).

Peresmian dilakukan oleh Dekan FP UNS Prof. Samanhudi dan disaksikan oleh Syafarudin, PhD sebagai Kepala Pusat Penelitian Pengembangan Perkebunan Kementan RI, Dr Tedy Dirhamsyah selaku Kepala Balai Tanaman Industri dan Penyegar (BALITTRI) dan pemerintah daerah setempat.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Selain meresmikan laboratorium, Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Kerja Sama Bisnis dan Informasi FP UNS Dr. Agung Wibowo menadatangani kontrak kerja dengan Kepala BALITTRI  Dr. Tedy Dirhamsyah untuk mengembangkan kawasan perkebunan di sekitar Laboratorium Pertanian Terpadu  di Jatiyoso.

Baca Juga: Mentan-Menparekraf Bicara Bisnis Pertanian & Agroecotourism di FP UNS

Wilayah di sekitar laboratorium dinilai memiliki potensi besar dalam pengembangan perkebunan kopi yang didukung dengan tanah yang subur dan air yang mudah didapatkan.

Sebagai bentuk kepedulian nyata dalam pengembangan kawasan perkebunan, Kepala Pusat Penelitian Pengembangan Perkebunan Kementan RI memberikan bantuan secara simbolik bibit tanaman kopi kepada UNS dan masyarakat sekitar laboratorium.

Bersamaan dengan kegiatan peresmian, FP UNS turut mengadakan pengabdian dalam rangkaian Dies Natalis ke-46 dengan tema Pengembangan Kawasan Perkebunan dan Hortikultura dan narasumber penyuluhan Leonardo Silalahi dan Abdul Azis dari PT BISI Indonesia.

Baca Juga: FP UNS Bahas Model Ketahanan Pangan Bersama Birokrat dan Pengusaha

Ketua panitia Dies Natalis FP UNS Dr. Muji Rahayu melaporkan sebanyak 100 petani di Kecamatan Jatiyoso mengikuti kegiatan ini. Untuk meningkatkan pertanian jagung di Jatiyoso, peserta penyuluhan diberikan bantuan berupa benih jagung unggul oleh PT BISI Indonesia dengan total bantuan mencapai 375 kg yang langsung dibagikan kepada 100 petani yang mengikuti penyuluhan.

“Diharapkan dari benih unggul tersebut, petani jagung di Jatiyoso mendapatkan peningkatan panen dan pendapatan. Bersama dengan pemberian benih unggul, FP UNS turut memberikan bantuan berupa sembako sebanyak 200-an masyarakat di sekitar lahan,” ujar FP UNS dalam rilis kepada Solopos.com.

Di lokasi yang tidak jauh dengan laboratorium, juga diselenggarakan kegiatan dengan membidik generasi muda di wilayah Kecamatan Jatiyoso.

Baca Juga: Universitas Halu Oleo dan Universitas Tidar Benchmarking ke FP UNS

Untuk meningkatkan kesadaran mengenai dunia pertanian kepada anak-anak, turut dilaksanakan lomba mewarnai tingkat TK hingga SD kelas III.  “Kegiatan ini disambut baik oleh anak-anak di Jatiyoso dan diharapkan memberikan gambaran kepada generasi muda mengenai dunia pertanian secara luas.”

Koordiantor Wilayah Dinas Pendidikan Jatiyoso Winarno MPd menyambut baik dan terima kasih atas kegiatan Dies Natalis UNS di Kecamatan Jatiyoso. Dalam sambutannya Winarno menekankan pentingnya mengasah kreativitas untuk membangun kapasitas SDM sejak dini.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Nyanyi di Istana, Farel Prayoga Bikin Jokowi Senyum-Prabowo Joget

      Penampilan penyanyi cilik Farel Prayoga di Istana Merdeka, Rabu (17/8/2022) membuat Presiden Jokowi dan para pejabat RI terhibur.

      Buton Trending Topic Berkat Jokowi Pakai Baju Adat Dolomani di HUT RI

      Penampilan Jokowi memakai baju adat Buton di Upacara HUT ke-77 RI, Rabu (17/8/2022) menjadi trending topic di Twitter.

      Profil I Dewa Ayu Asal Kudus, Pembawa Bendera Upacara HUT ke-77 RI 2022

      Inilah profil I Dewa Ayu, siswi SMA N 2 Kudus yang bertugas sebagai pembawa bendera di upacara HUT ke-77 RI, Rabu (17/8/2022).

      Spesial! Ini Makna Baju Adat Buton Dipakai Jokowi di HUT ke-77 RI

      Presiden Jokowi memakai baju adat Buton dalam perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Rabu (17/8/2022).

      Setelah Proklamasi Kemerdekaan, Bambu Runcing dan Granat Kolang-Kaling

      Setelah Bung Karno dan Bung Hatta atas nama bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada Jumat 17 Agustus 1945, gelora revolusi segera merambat ke mana-mana.

      Inilah 16 Parpol Tak Lolos Tahap Pendaftaran Peserta Pemilu 2024

      Sebanyak 16 parpol ini tidak mampu melengkapi berkas yang dibutuhkan.

      Thrifting dan Dilema Ancaman Kesehatan atau Menjaga Bumi

      Budaya thrifting atau menggunakan kembali baju bekas yang menjadi tren sejak puluhan tahun lalu ditentang pemerintah lantaran memiliki ancaman kesehatan yang serius, meski aksi ini bertujuan mencintai bumi karena menekan laju produksi tekstil.

      Kasus di Jiwasraya, Asabri, dan Garuda, Jokowi: Hukum Harus Adil

      Jokowi menyebut perlindungan hukum, sosial, politik, dan ekonomi untuk rakyat harus terus diperkuat.

      Sejarah Hari Ini: 17 Agustus 1945, Kemerdekaan Indonesia

      Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 17 Agustus.

      Ahli Komunikasi Ingatkan Hati-Hati Bermedsos, Pidana Mengancam

      Sikap hati-hati saat berbicara atau mengunggah pesan di media sosial penting, terutama yang terkait dengan masalah seks, agama, dan politik.

      Anies Baswedan: Ke Depan Hunian Jakarta Harus Vertikal

      Menurut Anies Baswedan ke depan hunian Jakarta harus vertikal.

      Didesak Ditangkap, Penyusun Skenario Ferdy Sambo Diperiksa Polisi

      Penyusunan skenario baku tembak itu disusun Fahmi dan Ferdy Sambo, tak lama setelah Brigadir J tewas ditembak.

      Deolipa Yumara Laporkan Pengacara Bharada E ke Polres Jaksel

      Pelaporan itu terkait pernyataan Ronny bahwa pengacara Bharada E sebelumnya terlalu banyak manggung.

      Pakar: Ferdy Sambo Sengaja Pilih Rumdin untuk Bunuh Brigadir J

      Pakar menilai rumah dinas justru sengaja dipilih Ferdy Sambo karena dianggap paling aman untuk membuat alibi.

      5 Kebohongan Ini Antar Ferdy Sambo ke Penjara

      Aneka kebohongan Ferdy Sambo terkait kematian Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J) terbongkar.