Tutup Iklan

Foto Viral Kolam Buaya di Area Kostrad Depok

Foto kondisi memprihatinkan mini zoo di kawasan Kolam Renang Tirta Gupti, Cilodong, Depok, Jawa Barat, viral di media sosial. Foto viral itu diunggah pemilik akun Twitter @halocilukba, Minggu (9/6/2019).

Foto Viral Kolam Buaya di Area Kostrad Depok

SOLOPOS.COM - Kondisi kolam buaya di mini zoo Depok saat Lebaran 2019 (Instagram-@depok24jam)

Solopos.com, DEPOK – Foto kondisi memprihatinkan mini zoo di kawasan Kolam Renang Tirta Gupti, Cilodong, Depok, Jawa Barat, viral di media sosial. Foto viral itu diunggah pemilik akun Twitter @halocilukba, Minggu (9/6/2019).

Dalam foto viral yang beredar, tampak sejumlah hewan seperti buaya, monyet, serta burung kasuari, di dalam kandang dengan kondisi memprihatinkan. Kandang binatang tersebut kotor dipenuhi sampah. Kondisi tersebut jelas sangat tidak layak huni.

Kolam di kandang buaya terlihat sangat mengenaskan. Airnya hijau pekat dan dipenuhi sampah. Kondisi yang sama juga terlihat di kandang monyet serta burung kasuari.

Lokasi: Kolam Renang Kostrad Cilodong, Depok, Jawa Barat. Keadaannya sudah sangat tidak layak dan ini terbuka untuk umum. Apa ada tindakan yang bisa dilakukan? Guys, what should we do about this?” tulis pemilik akun @halocilukba sebagai ketarangan foto yang dibagikan ulang sejumlah pengelola akun Instagram bermuatan informasi seputar Depok seperti @depok24jam.

Kasihan juga buat hewannya. Lingkungan jadi kurang sehat,” komentar @mas_dians.

Lebih baik kembalikan ke alamnya. Kasihan enggak tega lihatnya. Kalau kondisinya seperti ini,” imbuh @trydianto18.

Menanggapi foto viral mini zoo tersebut, Kepala Penerangan Kostrad Kolonel Inf Adhi Giri Ibrahim angkat bicara. Dia membenarkan kondisi mini zoo yang berada di area Markas Divisi Infanteri 1/Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad) Cilodong, Depok, Jawa Barat.

Memang sempat kotor karena beberapa hari lalu. Ramai pengunjung sekitar dan banyak yang asal memberi makan tanpa memperhatikan kebersihan,” tuturnya seperti dikutip dari Suara.com, Jumat (14/6/2019).

Adhi menambahkan, mini zoo tersebut sangat kotor karena kurangnya pengawasan akibat banyaknya petugas yang cuti karena Lebaran 2019. “Memang kemarin saat libur Lebaran banyak sekali pengunjung yang datang dari daerah sekitar dan kemungkinan pengawasan yang kurang dari petugas. Karena kebetulan sebagian sedang izin cuti. Sehingga banyak pengunjung yang memberi makan tanpa memperhatikan kebersihan,” sambung dia.

Kini, mini zoo tersebut sudah dibersihkan. Kondisi kandang hewan sudah bersih. Adhi menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan balai konservasi untuk kelanjutan pemeliharaan hewan tersebut. Tak lupa, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang memberi masukan lewat media sosial.

“Terima kasih atas masukan yang disampaikan masyarakat melalui media sosial. Kita yakin itu semua didasarkan itikad baik untuk sama-sama menjaga kelestarian alam dan binatang seperti yang dilakukan di sini,” tutup Adhi seperti dilansir Okezone.

Berita Terkait

Berita Terkini

Kasus Covid-19 Klaten Meledak Hingga 125 Orang Sehari, Terbanyak Gantiwarno

Penambahan jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Klaten meledak sebanyak 125 kasus dalam sehari pada Jumat (18/6/2021).

Ini Perbedaan Gejala Virus Corona Varian Alpha, Beta dan Delta

Tiga varian corona yang saat ini sudah dikenal dunia memiliki gejala yang sedikit berbeda.

Prediksi Swedia Vs Slovakia: Potensi Kejutan Si Kuda Hitam

Laga Swedia kontra Slovakia ini diprediksi berlangsung ketat karena kedua tim punya modal bagus dari pertandingan pertama.

Ini Identitas 11 Penumpang Bus Sumber Selamat yang Luka

Bus Sumber Selamat dari arah timur menghindari truk peti kemas yang melintang di jalan akhrinya terguling ke sisi kiri jalan.

Waduh! Puluhan Dosen Dan Mahasiswa UNS Solo Terpapar Covid-19

Puluhan dosen dan mahasiswa UNS Solo terkonfirmasi positif Covid-19, ada yang isolasi mandidri ada juga yang dirawat di rumah sakit.

Kegiataan Keagamaan Dibatasi, Pengajian hingga TPA di Wonogiri Tak Boleh Digelar

Kemenag Wonogiri berharap kegiatan keagaamaan di Wonogiri seperti TPA dan pengajian ditiadakan terlebih dahulu mengingat kasus Covid-19 di Wonogiri tengah naik.

Pengusaha Tahu di Boyolali Terus Berinovasi

Pengusaha tahu di Dusun Kanoman, Desa Gagaksipat, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali kini terkendala harga kedelai yang makin mahal dan kesulitan mencari pekerja.

Siaran Langsung dan Live Streaming Euro 2020 Malam Ini

Grup D akan memainkan dua  laga yaitu Kroasia versus Republik Cheska dan Inggris melawan Skotlandia. Sementara satu partai Grup E mempertemukan Swedia dengan tim kejutan Slovakia.

Sempat Telantar, Pasien Covid-19 Ini Akhirnya Dijemput ke RSUD Sragen

Pasien positif Covid-19 asal Sragen Kulon yang sempat telantar dan dirawat sendiri oleh keluarganya akhirnya dijemput ke RSUD Sragen.

Mengenal Orang-Orang Arab di Israel

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu, 12 Juni 2021. Esai ini karya Ronny P. Sasmita, Direktur Eksekutif Economic Action (EconAct) Indonesia dan peminat tema-tema hubungan internasional.

Kisah Sukses Sepatu PVRA dan Dessert Box Bittersweet, Tak Sekadar Ikut Tren

Tak sekedar ikut tren, bisnis perlu adaptasi, konsistensi, dan kerja keras menjaga loyalitas customer agar bisnis terus bertahan.

Perjuangan Tim Pemulasaran Jenazah Covid-19 Karanganyar, Terseok-Seok Terjang Medan Terjal

Tim pemulasaran jenazah Covid-19 BPBD Karanganyar bercerita pengalaman saat harus melewati medan terjal saat hendak melakukan proses pemakaman.