SOLOPOS.COM - STNK Varokah (1cak.com)

Foto unik STNK yang diberi pesan untuk Polisi menjadi viral di Internet.

Solopos.com, JAKARTA – Foto Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang satu ini barangkali akan membuat Anda kagum. STNK itu memperlihatkan bagaimana orangtua mengajarkan kejujuran bagi anaknya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kalau anak saya melanggar mohon diberikan surat tilang warna biru [denda bayar di bank]. Mohon tuliskan denda yang harus dibayar sesuai kesalahannya. Kalau perlu motor ditahan, tahan saja. Sungguh yang menyuap dan yang disuap mendapat azab dari Allah SWT,” demikian isi tulisan yang diselipkan di STNK tersebut, seperti ditilik Solopos.com, Selasa (26/5/2015).

Tidak diketahui siapa yang pertama kali mengunggah foto tersebut. Gambar ini sudah beredar di berbagai forum Internet seperti Kaskus hingga 1Cak.com.

Di laman 1Cak.com, pengunggahnya mengunggah gambar STNK ini dengan judul “Varokah [istilah untuk menyebut barokah atau berkah] sekali Orang Tuanya.” Di 1Cak foto ini diunggah 7 Mei 2015 oleh akun ICJ.

Foto STNK itu juga beredar di Facebook oleh akun Meme Comic Indonesia. “Beginilah seharusnya orangtua yang mengajarkan anaknya untuk jujur…” tulis Meme Comic Indonesia di gambar yang diunggah 11 Mei 2015.

Tampak jelas bahwa sang ayah ingin anaknya serta polisi yang menilang taat pada peraturan dan hukum yang berlaku.

Foto tersebut ditanggapi dengan berbagai cara oleh masyarakat. Ada yang mempertanyakan usia sang anak yang telah diberikan motor, ada yang mencibir dan mengatakan bahwa kenyataan di lapangan polisi pasti lebih suka disuap. Namun lebih banyak lagi yang menyetujui cara sang ayah dalam mendidik si anak untuk berlaku jujur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya