SOLOPOS.COM - Grafiti Walter Josef F/OZ (Facebook)

Foto unik yang berasal dari grafiti karya almarhum Walter Josef Fischer atau OZ ini menarik perhatian netizen.

Solopos.com, SOLO — Karya grafiti terakhir seniman asal Jerman, Walter Josef Fischer, muncul di jejaring sosial Facebook. Akun Facebook, Katrin Bule, mengunggah gambar foto grafiti dengan inisial OZ.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selama hidup seniman Walter Josef sering melukis di dinding dengan inisial OZ. Tak banyak yang tahu apa arti OZ dalam lukisan grafiti Walter. Menurut Katrin Bule, grafiti Walter Josef itu adalah orang yang bersujud.

Walter Josef meninggal secara tragis di usia 64 tahun akibar tertabrak kereta, September 2014 lalu. Sebelum meninggal, Walter membuat grafiti OZ yang mirip dengan orang yang bersujud. Netizen atau pengakses Internet di Facebook ikut mengomentari gambar yang diunggah Katrin Bule.

Ada yang setuju kalau gambar itu adalah orang bersujud, tapi ada pula yang mengira itu botol bir. Berikut sebagian komentar netizen Facebook terkait grafiti terakhir Walter Josef:

“Subhanallah… bener ya mbak Katrin Bule, tulisan itu menggambarkan orang bersujud… bisa jadi Walter Josef F menuliskannya itu hanya sebuah karya seni grafiti atau mungkin saja ada pesan inspirasi bagi kita semua, namun sdh barang tentu pesan yg ditorehkannya itu atas sepengetahuan-Nya… bagi yg berperasaan yg se-halus2nya bhw sesungguhnya semua ciptaan-Nya tentulah bersujud pada-Nya…,” tulis akun Ronie Syakir.

Thats what i thought just now, Mbak … :-),” tulis akun Septina Ferniati.

“Di mataKu kok kayak botol bir kosong yaa?,” tulis akun Saut Situmorang.

“Botol bir lagi sujud ya om Saut Situmorang :p,” tulis Achmad Fathol Qorib.

“Sebelum baca status Mbak Katrin, aku lihat gambar dulu, dan yang saya lihat juga orang sujud :-), tulis akun Ranti Aryani.

“Mudah2an kapan2 bisa lihat langsung. Amin ^^,” tulis Marlis H. Afridah.

“Sujudnya keren banget. Dan kalau dilihat dari pola sujudnya, sepertinya ia pengikut mazhab Imam Syafe’i….Hamburg pasti berduka!,” tulis akun Chavchay Syaifullah.

Lalu bagaimana menurut Anda?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya