SOLOPOS.COM - Jenifer Lawrence (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

 

Harianjogja.com, JAKARTA — Video adegan esek-esek dan foto tanpa busana yang mirip dengan selebriti Jessica Alba, Emma Watson, dan Katy Perry telah lama beredar luas di internet. Tak hanya artis, foto tanpa busana Anda juga bisa beredar di dunia maya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut Liputan6.com, yang mengutip laman Fox News, Jumat (26/9/2014), banyak orang yang tak bertanggung jawab, mencuri foto pribadi seseorang dari media sosial atau blog pribadi untuk diedit dan diubah menjadi foto vulgar yang mengandung esek-esek. Setelah itu hacker mem-posting foto vulgar itu ke situs esek-esek.

Dana Perkins, seorang fotografer asal Texas adalah salah satu korban esek-esek non-konsensual. Gambar seseorang yang terlihat seperti dirinya beredar di sebuah situs esek-esek, halaman Facebook Business, dan blog pribadi.

Pelaku penyebar foto Perkins bahkan mencuri informasi pribadinya, termasuk nama perusahaannya, status perkawinan, dengan siapa dia menikah, dan di mana anak-anaknya bersekolah. Informasi tersebut diduga dicuri dari halaman Facebook-nya.

Atas kejadian ini banyak orang yang melontarkan komentar menjijikkan kepadanya. Perkins mengatakan, akibat pembajakan foto dirinya, ia dilecehkan dan ada orang yang menyebut dirinya pelacur melalui email.

Bisnis fotografi yang ia jalankan juga hampir bangkrut. “Itu pelanggaran mengerikan untuk integritas saya. Sebagai fotografer anak dan keluarga, banyak klien yang ingin tahu tentang jati diri saya, apakah saya terhormat atau tidak? Dan foto palsu itu bukanlah jati diri saya,” ujar Perkins.

Sebagai seorang istri dan ibu, pengalaman buruk itu mempengarungi psikisnya. “Saya paranoid untuk waktu yang lama…mengkhawatirkan keselamatan saya. Saya bahkan sulit untuk mempercayai orang lain hingga saat ini,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya