SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Harianjogja.com, NEW YORK — Federal Bureau of Investigation (FBI) dilaporkan masih menemui jalan buntu dalam menemukan hacker yang bertanggung jawab atas pencurian dan penyebaran foto tanpa busana ratusan artis papan atas Hollywood. Bahkan para hacker baru-baru ini kembali mempublikasikan sejumlah foto tanpa busana baru milik beberapa artis termasuk Kim Kardarshian, Rihanna, Vanessa Hugens, dan beberapa lainnya.

FBI tampaknya benar-benar dibuat pusing oleh ulah para hacker. Terkini, menurut Liputan6.com, yang melansir laman Mirror, Kamis (25/9/2014), pengguna anonim situs forum 4chan yang diyakini sebagai hacker pencuri foto bugil artis meninggalkan sebuah pesan baru yang pada intinya mengejek usaha penyelidikan FBI.

Promosi Kanker Bukan (Selalu) Lonceng Kematian

Pengguna tanpa nama itu menuliskan, “Apakah mereka (FBI) benar-benar berpikir memiliki kesempatan untuk menghentikan kami? Itu tidak mungkin karena kami hanya membuat sebuah thread baru sebentar, lalu menghapusnya. Ketika Anda mencoba mengaksesnya, Anda hanyakan menemukan ‘404’.”

Hacker memang menyebarkan foto tanpa busana ratusan artis melalui thread-thread  yang mereka buat di forum 4chan dan AnonIB. Dari situ para pengguna media sosial, khususnya pengguna Reddit, mengunduh foto-foto tanpa busana dan pada akhirnya tersebar luas di internet.

Namun para hacker cukup pintar karena membuka thread itu hanya untuk waktu sebentar. Jadi sebelum thread tersebut diidentifikasi FBI, para hacker sudah lebih dulu menghapusnya. Jejak yang tertinggal hanyalah ratusan foto yang sudah tersebar luas ke banyak pengunduh di berbagai media sosial.

FBI sendiri sebelumnya baru mampu mengungkap pemilik dan administrator sub-Reddit — kategori forum khusus di jejaring sosial Reddit — The Fappening, yang diketahui sebagai media utama persebaran foto tanpa busana ratusan artis.  Adalah John Randall Menesess, seorang pria asal Las Vegas yang telah terbukti sebagai administrator sub-Reddit The Fappening.

Namun FBI pun tak dimungkinkan menindak Menesess lebih jauh karena sejatinya ia hanya mem-posting link foto yang ia dapat dari sumber lain, yakni situs forum 4chan dan AnonIB. Hal ini adalah hal yang wajar, dan juga dilakukan oleh para pengguna jejaring sosial lainnya.

“Saya tidak berbagi konten dengan jutaan orang, sub-Reddit saya (The Fapenning) juga baru saja dibuat. Pengunjungnya baru sedikit,” terang Menesess.

Bagaimanapun, Menesess bukanlah hacker yang menjadi pelaku utama pencurian foto-foto tanpa busana ratusan artis dari layanan Apple iCloud. Sang hacker masih berkeliaran serta sempat beberapa kali meninggalkan pesan di situs forum 4chan dan AnonIB. Ia mengidentifikasikan dirinya sebagai ‘Original Guy’.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya