SOLOPOS.COM - Ilustrasi video mesum yang diduga diperankan pelajar di Salatiga. (JIBI/Solopos/Dok)

Foto syur yang beredar di Gunungkidul masih diselidiki.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gunungkidul masih menelusuri asal sekolah pemeran foto bergambar remaja dengan pose bugil yang beredar di Gunungkidul. (Baca Juga : FOTO SYUR : Lagi, 2 Foto Siswi Tanpa Busana Gemparkan Gunungkidul)

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pasalnya, hingga Jumat (9/10/2015) belum ada satupun sekolah yang melaporkan atau mengklarifikasi kepada Disdikpora, bahwa remaja yang ada dalam foto tersebut adalah siswa mereka. Akibatnya, Disdikpora belum bisa melakukan tindak lanjut atas peredaran foto tersebut.

Sekretaris Disdikpora Kabupaten Gunungkidul, Bahron Rosyid menyebutkan pihaknya hanya bisa menunggu laporan dari sekolah. Nantinya, setelah ada laporan atau klarifikasi dari pihak sekolah, Disdikpora akan segera melakukan pembinaan terhadap siswa yang menjadi pemeran foto bugil tersebut. Meski demikian yang terlebih dahulu dipahami adalah apakah anak dalam foto itu murni pelaku atau korban, yaitu ia diminta untuk berpose demikian.

Pembinaan ini nantinya dilakukan dengan mengedepankan paradigma ‘tidak ada anak yang jahat, melainkan hanya keliru mengambil langkah’.

“Untuk itu, adalah tugas kita yang sudah dewasa ini, untuk memberikan pemahaman dan pendekatan agar kekeliruan itu tidak terulang,” terangnya.

Sementara untuk mencegah kejadian serupa terulang kembali, Bahron meminta kepada semua pihak terkait mulai dari orangtua, masyarakat, sekolah bersama pemerintah daerah untuk bersinergi dalam melakukan pengawasan dan mendidik anak-anak.

“Kita harus bersama-sama, orangtua harus memberikan perhatian, jangan sungkan mengecek handphone anaknya. Sementara sekolah juga bisa melakukan pemeriksaan secara insidental terhadap barang bawaan siswanya,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya