Foto viral siswi SMP mengendarai Yamaha NMax berpelat merah di Cawas, Klaten. (Istimewa)

Solopos.com, KLATEN -- Warga Cawas, Klaten, dan sekitarnya digegerkan beredarnya foto seorang siswi SMP mengendarai Yamaha NMax diduga milik kepala desa (kades) di jalan Cawas-Semin dekat Rumah Sakit Umum Islam (RSUI) Cawas, Jumat (29/11/2019).

Seperti diketahui, para kepala dan lurah Klaten mendapat Yamaha NMax untuk kendaraan dinas mereka. Yamaha NMax itu baru saja dibagikan oleh Bupati Klaten Sri Mulyani pada Selasa (26/11/2019) lalu.

Informasi yang diperoleh Solopos.com, Yamaha NMax yang dikendarai siswi SMP itu berwarna merah, begitu juga dengan warna pelat nomornya. Namun, tulisan di pelat nomor itu tidak terbaca pada foto.

Desain Baru Pasar Klewer Solo Timur Bikin Pedagang Puas, Sebagus Apa Sih?

Foto siswi SMP mengendarai Yamaha NMax itu menjadi viral di media sosial (medsos) setelah diunggah di grup Facebook Info Seputar Klaten-ISK. Foto yang menyebar di medsos itu merupakan hasil tangkapan layar status Whatsapp (WA) Mas Dhanu, Kamis (28/11/2019) pukul 23.41 WIB.

Di status itu tertulis keterangan, "Kades atau Lurah Termuda di Indonesia Berada di Salah Satu Daerah Klaten, Masih SMP". Selanjutnya, hasil tangkapan layar itu diunggah di Facebook, Jumat (29/11/2019) siang.

Camat Cawas, Sofan, saat dimintai tanggapan Solopos.com, Jumat, mengaku sudah mendapat laporan adanya siswi SMP yang mengendarai sepeda motor Yamaha NMax berpelat merah.

Bantah Limbahnya Cemari Air Sumur Warga Wonogiri, Begini Penjelasan PT RUM

"Kalau seperti itu tidak dibenarkan karena masih SMP kok mengendarai sepeda motor. Apalagi tidak memakai helm. Yang lapor ke saya ada empat orang. Keempat warga itu berharap ke saya menelusuri lebih lanjut. Saya pun sudah cek ke seluruh kades di Cawas. Sampai sekarang belum diketahui siapa pemilik motor dinas itu,” kata Sofan.

Sofan mengakui lokasi foto siswi mengendarai sepeda motor diduga milik kades itu di dekat RSUI Cawas. Dalam foto yang sudah menyebar di medsos, pelat nomor Yamaha NMax tidak terbaca.

“Saat saya zoom, pelat nomornya tidak jelas. Memang lokasinya di Cawas. Tapi belum tentu sepeda motor itu milik kades di Cawas. Saya sudah tanya ke kades di Cawas. Bisa saja, Yamaha NMax itu dari Bayat atau Sukoharjo karena Cawas berada di perbatasan,” katanya.

Video Mesum Status WA Camat di Wonogiri, Mau Kirim Tapi Salah Pencet?

Sofan mengatakan bakal terus mencari tahu pemilik Yamaha NMax berpelat merah itu. Sofan telah berkomunikasi dengan seluruh kades di Cawas.

“Jika pemilik Yamaha NMax itu benar milik salah seorang kades di Cawas, tentu akan diberi teguran lisan agar tak diulangi lagi. Saya pribadi selalu mengimbau kades menggunakan Yamaha Nmax itu sesuai peruntukannya. Boleh dipinjamkan ke perangkat desa atau masyarakat lain asal untuk mendukung kinerja atau pun sosial kemasyarakatan,” katanya.

Sebelumnya, kendaraan dinas Yamaha NMax milik Kades di Polanharjo terlibat kecelakaan lalu lintas di Jl. Irian, Klaten, Selasa (27/11/2019) pukul 09.00 WIB.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Klaten, Ronny Roekminto, mengatakan biaya perawatan kendaraan dinas Yamaha NMax yang rusak karena kecelakaan lalu lintas diserahkan ke kades bersangkutan. “Biaya pemeliharaan bisa dari desa. Jika kendaraan rusak saat dipakai, dibiayai sendiri,” katanya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten