SOLOPOS.COM - Foto viral: sepatu Jokowi sebelum dan sesudah bekerja. (Istimewa/Twitter)

Solopos.com, JAKARTA — Foto yang dipamerkan di akun media sosial Sekretaris Kabinet Pramono Anung menunjukkan sepatu Presiden Jokowi dalam kondisi kotor seusai meninjau wilayah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau. Foto sepatu kotor itu justru mendapatkan kritik tajam dari aktivis lingkungan hidup.

Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Riau menilai Jokowi maupun menteri-menterinya tidak perlu menunjukkan kondisi sepatu mereka. Deputi Direktur Eksekutif Daerah Walhi Riau, Fandi Rahman, mengatakan Jokowi semestinya bisa memperlihatkan sosoknya sebagai kepala negara untuk menyelesaikan kasus karhutla, bukan pamer sepatu kotor.

Promosi Dukung Keberhasilan IKN, BRI Sediakan Layanan Lengkap Perbankan

“Seharusnya ketika presiden ke sana itu bukan beliau datang untuk kotor-kotor, tapi untuk menyelesaikan. Apa perintahnya terkait proses penyelesaian karhutla ini,” kata Fandi di Kantor Walhi Nasional, Jl Tegal Parang, Jakarta Selatan, Rabu (18/9/2019), dilansir Suara.com.

Viral Foto Sepatu Jokowi Sebelum dan Sesudah Masuk Lokasi Kebakaran Hutan
DPR Setujui Revisi UU KPK Disahkan Menjadi UU
Suhu Udara di Sumbar Turun Akibat Kabut Asap

Jokowi, kata dia, bukan baru kali ini saja meninjau langsung hutan dan lahan yang terbakar di Riau. Jadi, Jokowi seharusnya bisa menyampaikan perkembangan hasil perintahnya sebagai kepala negara kepada pihak-pihak terkait, guna menuntaskan kasus karhutla.

“Bagaimana komitmen dia untuk bersikap tegas kepada pejabat-pejabat daerah, semisal kapolda, dandim, itu bagaimana sikapnya,” cibir Fandi.

Foto tersebut diunggah melalui akun Instagram @pramonoanungw pada Selasa (17/9/2019) siang setelah ikut mendampingi Presiden Jokowi meninjau lokasi karhutla. Ada dua foto di akun resmi itu yang semuanya menampakkan kaki dan sepatu rombongan duduk dalam pesawat. Dua dari empat pasang sepatu di foto itu memiliki garis putih di bagian bawah. Perbedaan utama dari kedua foto itu adalah penampakan sepatu-sepatu bersih di foto pertama, sedangkan foto kedua menampilkan sepatu-sepatu yang kotor.

Menurut keterangan Pramono Anung, kedua foto diambil dalam helikopter khusus kepresidenan, tetapi dalam waktu yang berbeda, yakni sebelum dan sesudah meninjau lokasi karhutla.

“Sepatu sebelum, dan sesudah kunjungan ke daerah yg terbakar di Pelalawan Riau. Sepatu Presiden @jokowi, Menko Polhukam @wiranto.official, MenPUPR Basuki dan @pramonoanungw diatas Heli Kepresidenan, mana sepatuku? Yg paling kotor #penangananasap #kerjakerjakerja #riau,” bunyi keterangan tertulis dalam unggahan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya