SOLOPOS.COM - Gambar pertama sosok Lama Itigilov (Siberiantimes)

Kisah misteri datang dari jasad Lama Dashi Dorzo Itigilov yang meninggal pada 1927.

Solopos.com, BURYATIA – Kisah misterius hadir dari kuil Buddha Ivolginsky Datsan, Buryatia, Rusia. Mumi seorang biksu Lama Dashi-Dorzho Itigilov diklaim kembali bergerak dan berjalan-jalan di malam hari.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dilansir Siberiantimes, Selasa (11/10/2016), Lama Damba Ayusheev, petinggi komunitas Buddha di Buryatia, mengklaim kejadian itu melalui bukti dua foto yang dipamerkannya. Menurutnya Lama Igitilov yang sudah 89 tahun lalu meninggal benar-benar berjalan-jalan di dalam Kuil Ivolginsky Datsan.

Foto pertama menunjukan sosok manusia berdiri di pojok ruangan. Sedangkan foto kedua, yang diklaim diambil satu hari setelahnya, menunjukkan seperti sosok manusia berada di dekat sofa atau duduk di sofa.

Lama Itigilov di dalam kotak kaca (Siberiantimes)

Lama Itigilov di dalam kotak kaca (Siberiantimes)

Ayusheev bersikeras jika dirinya tidak membual. Bahkan ia mengecam komentar miring jika foto tersebut sebenarnya seorang satpam yang membawa dua kantong plastik. “Ini bukan gurauan. Saya melihat sosok seseorang seperti yang kalian lihat. Saya bisa memastikan tidak mungkin ada orang lain di kuil pada jam tersebut [20.05 waktu setempat],” tegas Ayusheev.

Juru bicara Komunitas Buddha Sangha di Rusia, Tubden Baldanov, mendukung pengakuan Ayusheev. Tubden Baldanov menambahkan jasad Lama Itigilov muncul dengan penyamaran. “Kami belum paham maksudnya, bisa jadi ia mengatakan sesuatu. Mungkin organisasi internasional harus bergerak secara damai,” ungkap Tubden.

Jasad Lama Itigilov ini sudah pernah mencengangkan dunia pada 2002. Lama Itigilov meninggal pada 1927, ia meminta pengikutnya untuk menguburnya dengan posisi lotus. Pada 1955 dan 1973 jasadnya diperiksa oleh para biksu. Mereka terkejut karena meskipun telah meinggal puluhan tahun jasad Lama Itigilov seperti tidak membusuk. Fakta itu tidak diungkap ke publik karena kondisi politik saat itu belum memungkinkan.

Gambar pertama  sosok Lama Itigilov (Siberiantimes)

Gambar pertama sosok Lama Itigilov (Siberiantimes)

Gambar kedua yang dianggap Lama Itigilov (Siberiantimes)

Gambar kedua yang dianggap Lama Itigilov (Siberiantimes)

Pada 2002 jasad Lama Itigilov kembali diperiksa di hadapan petinggi Buddha, biksu, dan ilmuwan. Tanpa bisa mengungkap secara pasti cara pengawetan yang diterapkan, peneliti mengklaim kondisi jasad Lama Itigilov mirip dengan manusia yang meninggal 36 jam lalu.

(Muhammad Rizal Fikri/JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya