Musala di Tepi Sungai Konto Terendam Lahar Dingin Gunung Kelud

Musala di Tepi Sungai Konto Terendam Lahar Dingin Gunung Kelud

PromosiJalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Polisi mengecek kondisi musala yang terendam lahar dingin Gunung Kelud di sekitar Sungai Konto, Kandangan, Kediri, Jawa Timur, Selasa (18/2/2014) malam. Hujan yang turun di puncak Gunung Kelud, Selasa sore mengalirkan material vulkanis—yang lazim disebut sebagai lahar dingin—ke Sungai Konto.

Demi mengantisipasi kemungkinan terburuk, maka arus lalu lintas kendaraan yang melintasi jembatan tersebut ditutup. Dengan ditutupnya jalur jalan tersebut maka akses langsung penghubung wilayah Kabupaten Kediri dan Kabupaten Malang putus.

Selain musala tersebut, turut terendam pula oleh lahar dingin yang kedalamannya mencapai 1 meter itu 2 rumah warga. Posisi ke-3 bangunan di Desa Damarwulan, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri itu berada dekat dengan bantaran sungai.

Air yang mengalir dari hulu membawa material vulkanis berupa pasir. Dari lahar dingin itu tercium menyengat bau belerang. Air itu merendam rumah warga yang memang ditinggal pemiliknya mengungsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi