Foto-Foto Pasar Wisata Unik Di Soloraya

Sejumlah pasar wisata bermunculan di wilayah Soloraya dengan menawarkan makanan tradisional, dan lain-lain dengan alat pembayaran unik.

 Lokasi Pasar Bahulak, Desa Karungan, Kecamatan Plupuh, Sragen. (Istimewa/Pemdes Karungan)

SOLOPOS.COM - Lokasi Pasar Bahulak, Desa Karungan, Kecamatan Plupuh, Sragen. (Istimewa/Pemdes Karungan)

Banner Wisata Joglosemar

Solopos.com, SOLO — Sejumlah pasar wisata unik bermunculan di wilayah Soloraya dalam beberapa waktu terakhir. Ada yang muncul sejak sebelum pandemi Covid-19, ada pula yang muncul sebagai upaya membangkitkan ekonomi warga semasa pandemi.

Sebut saja Pasar Bahulak di Desa Karungan, Kecamatan Plupuh, Sragen, yang terkenal dengan wedang gemblungnya. Atau Pasar Doplang di Dusun Kembar, Desa Pandan, Kecamatan Slogohimo, Wonogiri, dengan berbagai jajanan tradisional yang sudah langka.

Selain dua lokasi itu, di Kecamatan Klaten juga ada Peken atau Pasar Pinggul di Desa Melikan, Kecamatan Wedi. Pasar Pinggul tak hanya menjual jajanan tradisional sebagai daya tarik tapi juga aneka kerajinan gerabah buatan tangan.

Baca Juga: Punya Wedang Gemblung hingga Sega Ketingan, Pasar Bahulak Sragen Siap-Siap Go Nusantara

Kabupaten Karanganyar tak mau kalah menghadirkan pasar wisata unik di Soloraya. Ada Pasar Ciplukan yang berlokasi di Dukuh Mlilir, Desa Gentungan, Kecamatan Mojogedang.

Pasar yang buka setiap Minggu pagi itu menjual aneka jajanan dan mainan tradisional untuk anak-anak. Semua pasar wisata unik itu memiliki ciri khas masing-masing namun ada kesamaannya yakni transaksi tidak menggunakan uang rupiah.

Alat Pembayaran

Ada yang menggunakan ketip, kepingan kayu atau batok kelapa. Alat pembayaran ini bisa didapat dengan menukarkan uang rupiah sesuai nilai yang ditentukan pengelola.

Baca Juga: Keunikan Pasar Doplang, Wisata Kuliner Wonogiri Dengan 140-An Menu Jajanan Tradisional

Berikut foto-foto pasar wisata unik di berbagai daerah di Soloraya yang berhasil dihimpun tim Solopos.com dan diambil sebelum masa pandemi Covid-19:

pasar kuliner wisata doplang wonogiri unik soloraya wisata
Pengunjung mengantre membeli makanan di Pasar Doplang di Slogohimo, Wonogiri. Foto diambil sebelum masa pandemi Covid-19. (Istimewa)

 

wisata kuliner pasar doplang wonogiri unik soloraya
Pedagang di lokasi wisata kuliner Pasar Doplang, Slogohimo, Wonogiri, menawarkan dagangan kepada pengunjung. Foto diambil sebelum masa pandemi Covid-19. (Istimewa)

 

pasar unik wisata soloraya
Pedagang menyiapkan dagangan di Pasar Pinggul Melikan, Wedi, Klaten. (Istimewa/Pendamping PKH Melikan)

 

pasar wisata unik soloraya
Salah satu menu makanan tradisional yang dijajakan di Pasar Pinggul, Desa Melikan, Wedi, Klaten. (Istimewa/Pendamping PKH Melikan)

 

pasar bahulak sragen wisata unik soloraya
Suasana Pasar Bahulak di Dukuh Sawahan, Desa Karungan, Kecamatan Plupuh, Sragen, Minggu (7/3/2021). (Solopos/Moh. Khodiq Duhri)

 

Pasar Bahulak sragen
Sejumlah pedagang menjajakan aneka kuliner di Pasar Bahulak di Desa Karungan, Kecamatan Plupuh, Sragen, beberapa waktu lalu. (Solopos/Moh. Khodiq Duhri)

 

pasar wisata unik soloraya pasar ciplukan karanganyar
Bupati Karanganyar Juliyatmono saat meninjau aktivitas pedagang di Pasar Ciplukan di Mojogedang, Karanganyar. Foto diambil sebelum masa pandemi Covid-19. (Solopos/Sri Sumi Handayani)
pasar wisata unik soloraya pasar ciplukan karanganyar
Pedagang menjajakan jajanan tradisional di Pasar Ciplukan, Mojogedang, Karanganyar. Foto diambil sebelum pandemi Covid-19. (Solopos/Sri Sumi Handayani)

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Mengintip Koleksi Jarik Waldjinah di Museum Batik Walang Kekek Solo

Koleksi kain jarik milik maestro keroncong Waldjinah yang indah dapat dilihat di Museum Batik Walang Kekek di Solo.

Eksotis & Elegan, Museum Tumurun di Solo Suguhkan Masterpiece Seniman Top Indonesia

Keberadaan Museum Tumurun menjadi penanda bangkitnya seni rupa di Kota Solo, Jawa Tengah,

Menengok Industri Batik di Kampung Batik Semarang, Lokasinya di Dekat Kota Lama

Kota Semarang memiliki kampung batik di Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Semarang Timur, dengan pengrajin batik yang mulai tumbuh.

Penampakan Kafe Jamu Nguter Sukoharjo, Tempat Nongkrong Cozy Dengan Minuman Menyehatkan

Kafe Jamu Nguter di dekat Pasar Nguter Sukoharjo menawarkan minuman tradisional yang menyehatkan dengan tempat yang cozy dan modern.

Sajikan Rasa Dan Nama Kekinian, Kafe Jamu Nguter Sukoharjo Digandrungi Milenial

Kafe Jamu di Kecamatan Nguter, Sukoharjo, menyediakan aneka minuman jamu dengan rasa dan nama unik serta kekinian guna menarik kaum milenial.

Perjalanan Industri Jamu Nguter Sukoharjo, Dari Jamu Gendong Hingga Kafe

Industri jamu Nguter, Sukoharjo, telah melewati perjalanan panjang mulai dari produksi dengan pemasaran menggunakan jamu gendong hingga kafe.

Uniknya Kerajinan Limbah Organik, Suvenir Khas Desa Wisata Kandri

Ada berbagai kegiatan ekonomi kreatif warga di Desa Wisata Kandri, Gunungpati, Semarang seperti pembuatan kuliner hingga beragam kerajinan.

Di Kali Pusur Klaten, River Tubing Bisa Bayar Pakai Sampah

River tubing atau susur sungai di Kali Pusur, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten bisa dilakukan hanya dengan membayar menggunakan sampah.

Dari Polanharjo hingga Tulung, Ini Deretan Wisata Air Alami di Klaten

Kecamatan Polanharjo di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah bisa disebut sebagai gudangnya wisata air yang memanfaatkan sumber mata air alami.

Menjelajah Jejak Peradaban Hindu-Budha di Dataran Tinggi Boyolali

Menjelajah jejak peradaban Hindu-Budha di dataran tinggi Boyolali.

Menarik, Belanja Bisa Lanjut Wisata Tubbing dan Petik Buah di Pasar Ciplukan Karanganyar

Belanja bisa melanjutkan wisata tubbing dan petik buah di Pasar Ciplukan Karanganyar

Asa Seribuan Pembatik di Desa Wisata Batik Girilayu Karanganyar Dongkrak Perekonomian

Harapannya pemerintah memberikan perhatian dan minat khusus sehingga Desa Wisata Batik Girilayu bisa meningkatkan ekonomi dan membuka lapangan pekerjaan.

Kisah Perjalanan Batik Girilayu Hingga Jadi Produk Khas Karanganyar

Kampung Batik Girilayu berbenah perlahan setelah tumbuh pengusaha baru batik, dimulai dari pembentukan kelompok.

Belanja Makin Asyik Pakai Koin Gerabah di Pasar Pinggul Klaten

Pasar ini hanya digelar sekali dalam selapan (35 hari), yakni Minggu Legi dengan jam buka relatif singkat, mulai pukul 05.30 WIB-10.00 WIB.

Intip Keunikan Pasar Jadul Ciplukan Karanganyar, Pakai Ketip Buat Transaksi Jual Beli

Pasar Ciplukan yang berjarak 15 kilometer atau 28 menit berkendara dari pusat Kabupaten Karanganyar berada di bawah pengelolaan Desa Wisata Lembah Dungde (WLD).

Foto-Foto Pasar Wisata Unik Di Soloraya

Sejumlah pasar wisata bermunculan di wilayah Soloraya dengan menawarkan makanan tradisional, dan lain-lain dengan alat pembayaran unik.