SOLOPOS.COM - Bangunan Masjid Agung Sheikh Zayed Grand Mosque, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. (visitabudhabi.ea)

Solopos.com, SOLO -- Sebagai miniatur, masjid hibah dari Putra Mahkota Kerajaan Uni Emirat Arab (UEA), Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan, untuk Presiden Joko Widodo, di Gilingan, Solo, akan dibuat semirip mungkin dengan Sheikh Zayed Grand Mosque.

“Secara keseluruhan untuk bentuk modelnya sama hanya tempatnya beda dan dikurangi untuk ukuran karena miniatur,” kata Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Solo, Hidayat Maskur, Rabu (3/3/2021).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti diinformasikan, masjid hibah dari Pangeran Arab itu akan dibangun di lahan bekas depo Pertamina, Gilingan, Banjarsari, Solo. Pembangunan masjid dengan dana dari Pangeran Arab senilai Rp5,7 triliun itu akan dimulai dengan peletakan batu pertama pada Sabtu (6/3/2021).

Baca Juga: Miniaturnya Dibangun Di Gilingan Solo, Begini Wujud Asli Masjid Agung Sheikh Zayed Abu Dhabi

Ekspedisi Mudik 2024

Luas lahan untuk masjid itu 2,9 hektare dan diperkirakan mampu menampung 12.000 orang jemaah. Dilihat dari kapasitas tampungnya, masjid di Gilingan, Solo, ini kemungkinan besarnya 24 persen dari Sheikh Zayed Grand Mosque.

Hal itu mengacu daya tampung masjid di Abu Dhabi yang mencapai 50.000 orang jemaah. Sedangkan dilihat dari arsitekturnya, bangunan Masjid Agung Sheikh Zayed di Ibu Kota Uni Emirat Arab itu merupakan perpaduan gaya arsitektural Mughal (India, Pakistan, Bangladesh) dan Mooris (Maroko).

96 Pilar

Mengutip situs visitabudhabi.ae, Masjid Agung Sheikh Zayed Abu Dhabi memiliki 1.096 pilar yang dibuat dari batu pualam dan batu alam polesan. Termasuk lapis Lazuli, red agate, amethyst, abalone shell dan mother of pearl.

Baca Juga: Punya Keluhan, Kritik Tentang Solo? Langsung "Lapor Mas Wali" Kota Saja Via Nomor Whatsapp Ini

Dari 1.096 pilar, 1.000 di antaranya berada di area luar. Sementara 96 pilar bundar berukuran besar yang kesemuanya dilapisi mother of pearl berada di ruang utama. Pada bagian eksterior, masjid ini memiliki 82 kubah terbuat dari marmer putih serta empat bangunan menara setinggi hampir 107 meter di empat penjuru masjid.

Berikut beberapa foto yang menunjukkan keindahan Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi yang akan ditiru oleh masjid di Gilingan, Solo:

sheikh zayed grand mosque
Bangunan Masjid Agung Sheikh Zayed, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, tampak dari luar. (visitabudhabi.ea)

 

Sheikh Zayed Grand Mosque
Bangunan Masjid Agung Sheikh Zayed, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, tampak dari luar. (visitabudhabi.ea)

 

 Sheikh Zayed Grand Mosque
Bagian interior Masjid Agung Sheikh Zayed Grand Mosque, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. (visitabudhabi.ea)

 

Sheikh Zayed Grand Mosque,
Bangunan Masjid Agung Sheikh Zayed Grand Mosque, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. (visitabudhabi.ea)

 

masjid agung sheikh zayed grand mosque syeikh
Foto bagian depan Masjid Agung Sheikh Zayed di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. (visitabudabhi.ae)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya