Foto-Foto Chandra X-ray Observatory NASA Dirilis, Simak di Sini!
Potret kompilasi penampakan bintang-bintang meledak dan gugus galaksi dari Chandra X-ray Observatory, Jumat (11/9/2020). (Nasa.gov)

Solopos.com, WASHINGTON — National Aeronautics and Space Administra (NASA), Kamis (3/9/2020) pekan lalu, mengungkapkan foto-foto luar biasa dari fenomena antariksa bintang yang meledak dan gugusan galaksi. Foto-foto itu diambil dari mega-teleskop Chandra X-ray milik NASA.

NASA memublikasikan gambaran fenomenal tangkapan Chandra X-ray Observatory tersebut di situs web-nya minggu lalu. Koleksi itu ditangkap selama beberapa dekade oleh teleskop ruang angkasa sinar-X yang diluncurkan tahun 1999.

Teleskop itu mengorbit Bumi pada jarak 65.000 mil atau 105.000 km. “Dalam dua dekade terakhir ini, Chandra telah membuat penemuan besar. Teleskop telah menyumbangkan informasi tak ternilai tentang kosmos dan benda-benda menakjubkan di dalamnya,” tulis pengelola situs web NASA.

Serial Thailand The Gifted: Graduation Trending di Tayang Perdana

NASA mengunggah kompilasi enam gambar terbaik hasil Chandra X-ray Observatory itu, Kamis (3/9/2020). Dari kompilasi foto-foto itu tampak nyata pemandangan paling menarik di alam semesta.

“Kompilasi ini memberikan contoh gambar dari berbagai misi dan teleskop yang digabungkan untuk lebih memahami ilmu alam semesta. Masing-masing gambar ini berisi data dari Observatorium Sinar-X Chandra NASA serta teleskop lainnya,” lanjut pengelola situs web itu.

2 Dekade Lagi

Chandra berspesialisasi dalam radiasi sinar-X yang memungkinkannya mengintip peristiwa kosmik—radiasi dari luar angkasa—yang tidak dapat dilakukan oleh teleskop lain. Misi Chandra seharusnya hanya berlangsung selama lima tahun. Pada kenyataannya teleskop itu masih kuat lebih dari dua dekade lagi untuk berada di luar angkasa setelah diluncurkan pada 1999 lalu.

Keenam gambaran menakjubkan yang dirilis NASA tersebut adalah Nebula planet, Abell 2744, Cartwheel Galaxy, Messier 82, Eta Carinae, Awan Magellan. Gambar pertama menunjukkan Helix Nebula atau Nebula planet, yaitu bentuk bintang saat kehabisan bahan bakar dan intinya menyusut dengan cepat.

Penampakan Abell 2744. (Nasa.gov)
Penampakan Abell 2744. (Nasa.gov)

Pekerja Bangunan Temukan Kuburan Hewan Purba di Bandara Baru Meksiko

Para astronom memperkirakan Matahari kita akan mengalami hal ini dalam waktu sekitar lima miliar tahun. Potret teleskop Chandra X-ray lainnya memerinci gugus galaksi Abell 2744, salah satu objek terbesar di alam semesta yang disatukan oleh gravitasi.

Penampakan Cartwheel Galaxy. (Nasa.gov)
Penampakan Cartwheel Galaxy. (Nasa.gov)
Penampakan messier 82. (Nasa.gov)
Penampakan messier 82. (Nasa.gov)
Penampakan eta carinae. (Nasa.gov)
Penampakan eta carinae. (Nasa.gov)
Penampakan nebula . (Nasa.gov)
Penampakan nebula . (Nasa.gov)

Cartwheel Galaxy, galaksi ini menyerupai mata banteng, karena sebagian galaksi yang lebih kecil melewati bagian tengahnya Lalu ada penampakan Messier 82 atau M82 adalah galaksi terdekat yang berorientasi ke tepi Bumi.

Selain itu ada, Eta Carinae bintang di Bima Sakti yang menurut para ilmuwan NASA digadang-gadang akan menjadi supernova. Terakhir ada Supernova 1987A (SN 1987A) atau Awan Magellan Besar yang terpotret Chandra X-ray. Itu adalah salah satu ledakan supernova paling terang selama berabad-abad

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom