SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Fenomena alam langka berupa gerhana Bulan parsial menghiasi langit Indonesia, Rabu (17/7/2019), dini hari. Fenomana alam ini bisa dilihat jelas di hampir seluruh wilayah di Indonesia.

Seperti diketahui, gerhana Bulan terjadi sebagian atau seluruh penampang Bulan tertutup bayangan Bumi. Saat itu, Bumi sedang berada di antara Matahari dan Bulan dalam satu garis lurus. Hal ini menyebabkan sinar Matahari tidak bisa mencapai Bulan karena terhalang Bumi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Gerhana Bulan parsial dini hari tadi mulai memasuki fase penumbra pada pukul 01.42 WIB. Pada pukul 03.01 WIB terjadi gerhana Bulan sebagian dimulai. Sementara puncak gerhana Bulan terjadi sekitar pukul 04.30 WIB. Gerhana Bulan sebagian berakhir pada pukul 06.00 WIB. Dan gerhana penumbra selesai sekitar pukul 07.19 WIB.

Ekspedisi Mudik 2024

Sebagian masyarakat menantikan fenomena alam langka tersebut. Namun, bagi Anda yang tidak sempat menyaksikannya secara langsung, berikut foto-foto gerhana Bulan parsial yang terjadi Rabu dini hari:

 Foto kolase gerhana bulan sebagian dari fase awal (kiri), puncak gerhana sebagian (kedua kanan) dan fase akhir (kanan) yang terpantau dari Denpasar, Bali, Rabu (17/7/2019). Gerhana bulan sebagian berlangsung sekitar pukul 04.00 WITA hingga pukul 06.00 WITA tersebut dapat terlihat dari seluruh wilayah Indonesia menjelang bulan terbenam. (Antara/Nyoman Budhiana)

 Foto kolase proses fenomena alam gerhana bulan parsial atau sebagian dari puncak gerhana sebagian hingga selesai terlihat di Depok, Jawa Barat, Rabu (17/7/2019). Fenomena gerhana bulan parsial ini merupakan satu-satunya yang bisa disaksikan di Indonesia sepanjang tahun 2019. (Antara/Yulius Satria Wijaya)

 Fenomena gerhana bulan parsial terlihat di langit Lombok, Mataram, NTB, Rabu (17/7/2019). Fenomena bulan parsial ini terjadi karena titik orbit kesejajaran antara matahari, bumi dan bulan agak miring sehingga menampakkan bulan sebagian dengan bayangan umbra. (Antara/Ahmad Subaidi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya