Foto-Foto Benteng Keraton Kartasura Kumuh Ditutupi Rumput Liar
Kondisi di dalam Benteng bekas Keraton Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Minggu (23/2/2020). (Solopos/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, SUKOHARJO – Rumput ilalang setinggi setengah meter memenuhi petilasan Keraton Kartasura yang terletak di Kampung Krapyak, Kelurahan/Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. Rumput liar ini bahkan menutup sebagian benteng berupa tumpukan batu bata yang merupakan bekas Keraton Kartasura.

Kondisi petilasan tersebut begitu memprihatinkan dan tak terawat. Selain dipenuhi rumput ilalang, ada banyak sampah dedaunan yang berserakan di petilasan tersebut. Padahal bekas Benteng Keraton Kartasura menjadi bagian penting dari sejarah kejayaan dinasti Kerajaan Mataram Islam di Jawa.

Ratusan warga Kartasura dari berbagai kalangan bersama jajaran TNI/ Polisi kerja bakti membersihkan area dalam Benteng bekas Keraton Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Minggu (23/2/2020). (Solopos/Indah Septiyaning Wardani)

Juru Kunci benteng bekas Keraton Kartasura, Mas Ngabehi Suryo Hastono, mengatakan, kondisi petilasan sangat memperihatinkan. Minimnya anggaran perawatan membuat kawasan itu semakin tak terawat.

“Kami hanya berharap ada kepedulian dari berbagai pihak untuk ikut menjaga dan merawat benteng bekas Keraton Kartasura, termasuk kebersihan di dalam benteng," harapnya.

Kondisi di dalam Benteng bekas Keraton Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Minggu (23/2/2020). (Solopos/Indah Septiyaning Wardani)

Di dalam area benteng Keraton Kartasura terdapat bangunan lain seperti masjid, bangsal, dan permakaman. Namun sejak Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah menetapkan kawasan Benteng bekas Keraton Kartasura sebagai cagar budaya, maka permakaman tersebut ditutup untuk umum. Setidaknya di lokasi itu terdapat ribuan makam.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

SOLOPOS TV



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho